Polisi Lingga Berjibaku Lewati Jalan Rusak Demi Prasarana Sekolah

Personil Polres Lingga saat menyerahkan bantuan buku dan alat tulis kepada pelajar SD 002 Dusun Laboh dan SD 004 Dusun Remik, Desa Marok Kecil, Kecamatan Singkep Selatan, Kabupaten Lingga, Rabu (27/11/2019) (foto: istimewa)

PIJARKEPRI.COM, Lingga – Tiga unit sepeda motor trail Kepolisian Resort di Lingga, Kepulauan Riau sudah terparkir rapi lengkap dengan keranjang berisikan prasaranan sekolah dasar, berupa buku bacaan dan alat tulis, sejak Rabu, (27/11/2019) pagi.

Rauman suara mesin motor trail yang ditunggangi Kanit Turjawali Satsamapta Polres Lingga, Ipda Adyanto Sofyan bersama sejumlah personil Satsamapta lainnya mulai bergegas menuju SD 002 Dusun Laboh dan SD 004 Dusun Remik.

Dua sekolah ituul berada di Desa Marok Kecil, Kecamatan Singkep Selatan, sebuah desa terpencil di Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau.

Kabarnya, perintah untuk mengantarkan prasarana sekolah itu merupakan arahan Kapolres Lingga, AKBP Joko Adi Nugroho dalam misi gerakan peduli dunia pendidikan.

Bagi Polres Lingga, gerakan itu merupakan wujud kepedulian Polres Lingga terhadap dunia pendidikan, bagi pelajar di daerah terpencil yang berada di wilayah hukum mereka.

Sebagian besar sarana dan prasana Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama di Lingga masih sangat minim. Terlebih di daerah pedesaan yang terpencil, mengingat Lingga memiliki 10 kecamatan yang terpisah oleh lautan.

SD 002 Dusun Laboh dan SD 004 Dusun Remik, di Desa Marok Kecil, Kecamatan Singkep Selatan, terletak cukup jauh dari Mapolres Lingga. Untuk sampai ke sana, para personil polisi harus melewati jalan tanah, berlumpur.

Polisi Lingga berjibaku saat melewati Jalan rusak demi mengantarkan prasarana sekolah, di Desa Marok, Lingga. (Foto: istimewa)

Namun, kondisi jalan yang rusak sekalipun tak menyurutkan semangat para personil Polres Lingga untuk sampai ke desa terpencil tersebut.

Setibanya disana, sorak riang penuh haru siswa SD 002 Dusun Laboh dan SD 004 melunturkan rasa lelah perjalanan panjang para personil Polres Lingga itu.

Selain menyerahkan bantuan, personil Polres Lingga tersebut, juga mengajari para murid membaca dan menulis.

“Tujuan dari pemberian buku dan alat tulis ini, untuk memberikan motivasi bagi anak-anak SD Desa Marok Kecil, agar lebih giat lagi belajar untuk masa depan mereka,” kata Kanit Turjawali Satsamapta Polres Lingga, Ipda Adyanto Sofyan.

Sementara Kepala sekolah SD 004 Dusun Remik, Firdaus Hilman, mengutarakan ungkapan terimakasih kepada Polres Lingga atas pemberian bantuan yang diberikan untuk sekolah yang dia pimpin.

“Terimakasih kepada Polres Lingga atas kepedulian dan pemberian buku dan alat tulis kepada anak didik kami,” ucapnya singkat.

Tak banyak bantuan Prasarana Sekolah yang diserahkan Polres Lingga untuk SD 002 Dusun Laboh dan SD 004 Dusun Remik di Desa Marok Kecil, hanya buku tulis 6 kodi, buku bacaan 12 pcs, majalah bobo 12 pcs, alat tulis 4 kotak dan bola voli 1 pcs.

Pengalaman menyusuri jalan berliku untuk menggapai harapan negeri, para siswa di desa terpencil ini menjadi catatan Kanit Turjawali Satsamapta Polres Lingga, Ipda Adyanto Sofyan, l Bhabinkamtibmas Desa Marok Kecil, Bripda Hamdani Siahaan, dan sejumlah personil Satsamapta Polres Lingga, Bripda Wahyu Ridha Illahi, Bripda M. Nur Irsan, Bripda Muhammad Firman dan Bripda Zamriludin.

Pewarta : Puspandito/Aci
Editor : Aji Anugraha

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top