Kejari Lingga Limpahkan Berkas Korupsi Humas ke Pengadilan

“Perkara korupsi mantan Bendahara Humas dan Protokol Setda Lingga disidang pekan depan,” kata Kasi Pidsus Kejari Lingga, Yosua PL Tobing

Konfrensi Pers di Kejari Lingga.

PIJARKEPRI.COM, Lingga – Kejaksaan Negeri (Kejari) Lingga telah melimpahkan perkara dugaan korupsi mantan Bendahara Humas dan Protokol Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Lingga tahun 2014, ke Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpinang. Perkara itu akan disidangkan pekan depan.

Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejari Lingga, Yosua PL Tobing, diruang pertemuan Kejari Lingga, Rabu (30/10/2019) mengatakan, perkara korupsi yang menyeret Bendahara Humas dan Protokoler Sekda Kabupaten Lingga tahun 2014 itu dinyatakan lengkap (P21).

Yosua mengatakan, Kejari Lingga menemukan kerugian negara senilai Rp1,3 Miliar dari perkara korupsi tersebut. Sidang perdana akan di gelar di Pengadilan Negeri Tanjungpinang, Senin, 4 November 2019.

“Berkas perkara sudah kita limpahkan ke PN Tanjungpinang,” ungkapnya, saat konfrensi pers, didampinggi Kasi Intel Kejari Lingga, M. Andi Sofyan.

Saat ini, lanjut Yosua, Kejari Lingga menetapkan satu tersangka. Menurutnya, tidak menutup kemungkinan akan ada tersangka lain, hal itu dikarenakan perkara korupsi tersebut tidak mungkin di kerjakan sendiri.

“Saat ini tersangka kita titipkan di Rutan Dabo Singkep, besok tersangka akan dibawa ke Tanjungpinang,” kata Kasi Pidsus.

Ia mengatakan, berdasarkan perhitungan BPKP Kepri, total kerugian negara atas perkara tersebut sebesar Rp1,3 Miliar. Tersangka juga belum mengembalikan kerugian negara.

“Baru satu orang yang kita tetapkan sebagai tersangka. Terkait pengembalian kerugian negara, tersangka belum bisa mengembalikan kerugian tersebut, oleh sebab itu Kejari Lingga, sedang melacak aset dari tersangka,” ungkapnya.

Atas perbuatannya tersangka dikenakan pasal 2 jo pasal 3 jo pasal 8 UU Tipikor No 20 Tahun 2001, ancaman minimal 4 tahun dan maksimal seumur hidup. (ACI)

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top