Festival Kelapa Internasional ke-3 Resmi Dibuka

Pembukaan Festival Kelapa Internasional ke-3, di Taman Soekasada Ujung, Kabupaten Karangasam, Bali. (Foto Humas Pemkab Lingga).

PIJARKEPRI.COM, Lingga – Pembukaan Festival Kelapa Internasional ke-3, di hadiri 24 utusan baik itu, delegasi dari negara sahabat maupun dari para anggota Kopek sendiri, yang berlangsung di Taman Soekasada Ujung, Kabupaten Karangasam, Bali, 14 – 17 September 2019.

Kegiatan yang mengangkat tema “Kalpareksa” yang memiliki makna kelapa adalah pohon kehidupan, selain dihadiri Ketua KOPEK, juga dihadiri Menteri Industri, Perdagangan dan Investasi Wilayah Otonomi Khusus Zanzibar – Tanzania, delegasi negara sahabat lainnya, Sekjen HTI, Ketua DPRD Kabupaten Karang Asem, serta Bupati yang tergabung dalam KOPEK.

Pada pembukaan Festival Kelapa Internasional ke-3, Bupati Karang Asem, I Gusti Ayu Mas Sumatri menyampaikan, Pemerintahan dan seluruh warga masyarakat Kabupaten Karang Asem, mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada seluruh peserta dan delegasi yang telah hadir pada acara ini.

“Tujuan dilaksanakan kegiatan ini, dalam rangka membangun sinergitas antara bidang pertanian dan pariwisata, kami berharap potensi-potensi yang kami miliki saat ini, bisa lebih dikenal di tingkat nasional dan internasional, sehingga bisa melahirkan berbagai kerjasama, demi kemajuan kita bersama,” kata Bupati Karang Asem, melalui rilis yang diterima media, Minggu (15/9/2019).

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut, Bupati Lingga, Alias Wello mengharapkan, agar potensi-potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Lingga, khususnya “Empat Azam Lingga” di bidang pertanian perikanan, peternakan dan pariwisata, memiliki peluang untuk diminati oleh pelaku usaha maupun investor demi percepatan pembangunan Lingga kedepan.

Bupati Lingga yang hadir bersama rombongan ini, mengharapkan dari berbagai acara pertemuan dan potensi alam yang dimiliki oleh Karang Asem, membuat kita mau belajar dari hal-hal yang positif demi kesejahteraan masyarakat dan Lingga terbilang kedepannya.

“Harapan kita, pada ajang bergengsi ini akan melahirkan berbagai kerjasama, baik dalam negeri maupun luar negeri,” terangnya.

Pembukaan Festival Kelapa Internasional ke-3, juga diadakan pameran Festival Kelapa, yang diikuti sebanyak 40 stand dari berbagai Kabupaten/Kota dan Asosiasi lainnya, Pemkab Lingga menampilkan produk unggulan serta potensi daerah, dari sentra IKM kelapa, adapun produk-produk tersebut adalah tempurung, sabut kelapa, sampai kepada Batik Lingga yang memiliki motif dan corak khas kearifan lokalnya.

Sebelum acara peresmian Festival Kelapa dimulai, para peserta disuguhi dengan beragam tanaman hias, sayur-sayuran dan tanaman buah-buahan sepanjang jalan yang tertata apik dan indah, selain itu, dikesempatan tersebut para Bupati melakukan penanaman bibit kelapa sebanyak 18 jenis varietas yang tanaman ini nantinya akan dijadikan sebagai cikal bakal, Taman Mini Kelapa Indonesia. (ACI)

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *