Polres Lingga Gelar Apel Bersama Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan

Kapolres Lingga AKBP Joko Adi Nugroho saat meninjau kesiapan petugas Karhutla Lingga usai gelar apel bersama cegah kebakaran hutan dan lahan, di Lingga. (Foto: Hum)

PIJARKEPRI.COM, Lingga – Kepolisian Resor (Polres) Lingga menggelar apel bersama instansi terkait, dalam rangka pencegahan kebakaran hutan dan lahan diwilayah Kabupaten Lingga, di Lapangan Apel Polres Lingga, Senin (26/8/2019).

Kapolres Lingga, AKBP Joko Adi Nugroho mengatakan, ungkapan terimakasih kdalam beberapa waktu kebelakang, kesiapan apel bersama kesiapan untuk penanggualangan kebakaran hutan dan lahan di empat Polsek dan tentunya mencakup beberapa kecamatan.

Dijelaskan, dari tingakat kecamatan dan Polsek sudah menunjukkan kesiapan sinergitas aparat TNI POLRI beserta unsur kecamatan, dan aparat-aparat yang ada dikelurahan sampai sampai ke Desa dan masyarakat, juga turut berperan aktif di dalam melaksanakan apel kasiapan yang tentunya tujuannya adalah kesiapsiagaan bersama dalam menangani kebakaran hutan dan lahan yanga ada diwilayah Kabupaten Lingga.

“Saya mengapresiasi dengan adanya tekad untuk saling bahu membahu dalam mengantisipasi dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan diwilayah Kabupaten Lingga, pada hari ini apel bersama dilaksankan di Polres Lingga sebagai salah satu giat kebersamaan yang kita harapkan bisa memberikan contoh kepada masyarakat luas kepada seluruh instansi aparat yang ada di Kabupaten Lingga, untuk turun bersama sama mengetahui bahaya dampak dari pembakaran hutan dan lahan,” kata Kapolres Lingga di Lapangan Polres Lingga, Jl. Batu Kacang Km.5 Dabo Singkep, Senin (26/8/2019).

Dilanjutkan, kebakaran hutan dan lahan menjadi salah satu masalah utama di Indonesia, dan ini mempunyai dampak sampai ketingkat regional kepada negara negara tetangga di Asean, dikarenkan banyaknya kegiatan pembukaan lahan, penebangan yang tidak maksimal dilanjutkan dengan pembukaan lahan dengan cara membakar, tentunya juga faktor cuaca yang menjadi faktor faktor terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

“Kebakaran hutan dan lahan terjadi setiap tahun secara berulang, titik-titik api sudah menjadi hal yang harus dinilai dicermati oleh berbagai pihak insatansi, aparata TNI dan POLRI guna mengantisipasi serta melakukan tindakan tindakan mitigasi dari kejadian kebakaran hutan dan lahan yang ada di Negara kita,” terang Kapolres.

Pada 23 Agustus 2019 lalu, tambah Kapolres, Polres Lingga telah berhasil mengamankan seorang pemilik lahan yang berinisial S, bersama pekerjanya yang dengan sengaja melakukan pembakaran lahan miliknya, dan saat ini mereka sudah diamankan di Polsek Dabo Singkep, untuk dimintai keterangan dengan barang bukti sebuah korek api dan sebilah parang, ini menunjukan bahwa POLRI tidak main-main dalam mengangi kasus kebakaran hutan dan lahan diwilayah Kabupaten Lingga khususnya.

“Sekali lagi, saya mengucapkan terima kasih sebesar besarnya kepada seluruh lapisan masyarakat, semoga apa yang kita lakukan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat bangsa dan negara, sekaligus membangun semangat kita untuk terus berjuang demi kemanusiaan,” tutupnya.

Kegiatan yang dipimpin langsung, Kapolres Lingga, AKBP Joko Adi Nugroho, dihadiri Asisten II Kabupaten Lingga, Yusrizal, Danlanal Dabo Singkep LETKOL Laut (P) Arif Rahman, S.T., M.Tr.Hanla, Pabung Kodim 0315/Bintan MAYOR INF Sugiyarto, Danramil Daik Lingga KAPTEN INF Telaumbenua, Kajari Lingga yang diwakili oleh Kasi Pidsus, Yosua P. L. Tobing, Pejabat Utama Polres Lingga, Kabid Perda Satpol PP Kab. Lingga Febrizal Taufik, Kepala BMKG Kabupaten Lingga, Sahat M. P., Kepala BPBD Kabuppaten Lingga, Novrizal, Camat Singkep Selatan Sabirin, Sekcam Singkep, Agustiar, dan Sekcam Singkep Barat, Munzilin Hasibuan. (ACI)

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top