Kemenkumham Kepri : Lingga Urutan Tiga Terbesar Kasus Anak

Ket foto: Kemenkumham Kepri sosialisasi di Kelurahan Sungai Lumpur.

PIJARKEPRI.COM, Lingga – Lingga berada di urutan tiga terbesar di Kepri, setelah Batam dan Tanjungpinang kasus hukum yang melibatkan anak, kata Penyuluh Hukum ahli muda Kanwil Kemenkumham Kepri, Siska Sukmawaty.

“Untuk Kepri kasus yang melibatkan anak ada 105 kasus, dan untuk kasus tertinggi yang melibatkan anak adalah, kasus pencurian, buliying dan asusila,” tambahnya, saat ditemui usai kegiatan di Kantor Lurah Sungai Lumpur, Selasa (20/8/2019), sore.

Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) Provinsi Kepri, menggelar sosialisasi penyuluhan hukum di Kelurahan Sungai Lumpur, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga.

Menurutnya, Lingga masih jauh dari perkembangan teknologi canggih, akan tetapi kenapa kasus yang melibatkan anak, baik itu anak sebagai korban maupun anak sebagai pelaku, cukup tinggi hampir menyamai Tanjungpinang.

Ia menjelaskan, penindakan pidana termasuk asusila yang terjadi terhadap anak cukup tinggi, ini menunjukan kurangnya peran aktif orang tua dalam mendidik anak.

Kasus asusila juga banyak terjadi dalam keluarga, apakah itu terjadi antara kakek dan cucu, paman dan ponaan, bahkan orang tua dan anaknya.

Dia mengharapkan dan meniru apa yang di canangkan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) pada Hari Keluarga Nasional, kemarin, yakni kembali kemeja makan, karena dengan berkumpul semua keluarga di meja makan, kita dapat membicarakan hal yang kecil-kecil, untuk memberikan perhatian yang lebih terhadap anak.

“Kembali kemeja makan, hal ini untuk menjalin komunikasi dengan keluarga, sehingga kita dalam keluarga tidak disibukkan dengan urusan sendiri-sendiri, karena dalam mendidik anak, tidak saja hanya IQ yang kita perlukan, tapi emosional dan agama sangat diperlukan,” tutupnya.

Sosialisasi penyuluhan hukum dari Kemenkumham Kepri di Kelurahan Sungai Lumpur, dihadiri Lurah Sungai Lumpur beserta Staf, RT/RW se-Kelurahan Sungai Lumpur, LPM, LAM, Babinkamtibmas Kelurahan Sungai Lumpur dan Ibu-ibu Majelis Ta’lim serta belasan Mahasiswa Umrah yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kelurahan Sungai Lumpur. (ACI)

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top