Bapenda Lingga Optimalisasi Penerimaan Daerah

Ket foto: Rakor Bapenda di Hotel Prima Inn Dabo Singkep.

PIJARKEPRI.COM, Lingga – Untuk mengoptimalisasikan PAD Lingga, Badan pendapatan daerah (Bapenda) Lingga menggelar Rapat koordinasi (Rakor) Satuan tugas (Satgas) tim optimalisasi penerimaan daerah, diikuti Camat dan OPD terkait, di Hotel Prima Inn Dabo Singkep, Senin (5/8).

Kasubid Penetapan dan Penagihan Bapenda Kabupaten Lingga, Agustiar menyampaikan, Rakor tersebut merupakan kegiatan agenda rutin dari Bapendayang dilakukan 3 bulan sekali berdasarkan realisasi dari pajak daerah yang tidak dipisahkan.

Agustiar menjelaskan, Satgas yang dibentuk tersebut dalam Rakor itu untuk optimalisasi Penerimaan Asli Daerah yang komponennya berupa pajak daerah dan retribusi daerah yang tidak dipisah-pisahkan.

“Jadi, kegiatan ini agar OPD mengoptimalkan potensi dan mencari potensi, bagaimana PAD ini secara perlahan-lahan bisa meningkat,” kata Agustiar, saat ditemui awak media usai kegiatan di Hotel Prima Inn Dabo Singkep, Senin (5/8/2019).

Kita memungut berdasarkan aturan yang berlaku, lanjut Agustiar, karena berbagai potensi pajak tersebut dilihat dari aturan yang berlaku, Perda pajak dan Perda retribusi, untuk pajak memang dikelola Bapenda, dengan adanya tim satgas ini, kami tetap berkoordinasi dengan OPD.

Ia menjelaskan, Bapenda tidak bisa kerja sendiri, untuk retribusi teknisnya di OPD, tetapi Bapenda sebagai koordinator dari retribusi, hampir 100 persen pajak daerah yang telah dikelola oleh Bapenda.

“Jadi di mana kelemahan, kita akan cari solusinya. Bagaimana dan apa hambatannya, itulah kegunaan dari rapat ini,” ujarnya.

“Untuk realisasi keseluruhan, kita sudah sampai 54 persen dari target APBD Rp27 milyar, berarti sudah Rp15 milyar lebih sampai Juni 2019 ini untuk pajak, Alhamdulillah, hampir 100 persen pajak daerah yang telah dikelola Bapenda,” tutupnta. (ACI)

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top