Semarak Perlombaan di Museum Linggam Cahaya Menjelang HUT RI Ke 74

Muhammad Ishak, Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Lingga. (Aci)

PIJARKEPRI.COM, Lingga – Menjelang perayaan HUT RI ke 74 Dinas Kebudayaan akan menggelar beragam perlombaan untuk pelajar yang disebut semarak lomba 2019, bertempat di Museum Linggam Cahaya.

Beragam perlomba tersebut di jadwalkan akan berlangsung tiga tahap. Untuk tahap 1, perlombaan dimulai 30 – 31 Juli 2019 dan tahap 2, dimulai 19 Agustus dengan rangkaian perlombaan permainan rakyat tradisional Gasing Lingga, untuk anak-anak tingkat SD.

Sedangkan tahap 3 dari 8 – 13 Oktober 2019, terdiri dari lomba becerita untuk tingkat SMP/MTs.

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Lingga, Muhammad Ishak mengatakan, tujuan diadakannya semarak lomba tersebut untuk memberikan ruang kepada peserta didik di Kabupaten Lingga, agar mampu mengekpresikan kemampuan diri dengan ikut mencintai dan melestarikan budaya melayu.

Ishak menjelaskan, berbagai kegiatan yang akan dilombakan tersebut yakni, lomba film pendek, komba cipta puisi dan lomba baca puisi, dengan peserta lomba yakni, anak-anak SMA, SMK, se-kabupaten Lingga.

Selain itu, lomba Disbud Lingga juga menyertakan perlombaan membaca Gurindam 12 untuk tingkat MTs/SMP, dan lomba melukis untuk tingkat SD.

“Lomba berpantun untuk tingkat SD sederajat dan lomba taruna dan dara untuk TK dan Paud,” kata M Ishak kepada pijarkepri.com, Senin (29/7/2019).

Ishak mengatakan, perlombaan tersebut merupakan rangkaian kegiatan non fisik yang dialokasikan pemerintah pusat melalui Dana Alokasi Kusus (DAK) untuk Museum Linggam Cahaya pada tahun ini.

“Selain melaksanakan berbagai lomba, pada bulan September nanti, Moseum Linggam Cahaya akan mengadakan kunjungan ke sekolah-sekolah,” tutupnya.(ACI)

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top