LAM dan Tokoh Masyarakat Lingga Ucapkan Selamat untuk Jokowi-Ma’ruf

Muhammad Ishak, LAM Lingga. (Aci)

PIJARKEPRI.COM, Lingga – Pasca Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan pasangan calon presiden dan wakil presiden Nomor (01) Ir. H. Joko Widodo – Prof. Dr. (H.C) Kh. Ma’ruf Amin sebagai pemenang Pemlihan Umum Presiden Indonesia 2019, ucapan selamat berdatangan dari seluruh penjuru negeri.

Salah satu ucapan selamat kepada pasangan calon presiden yang dikenal dengan Jokowi-Ma’ruf atas peraihan suara terbanyak Pemilu 2019 juga disampaikan sejumlah tokoh masyarakat dan Lembaga Adat Melayu (LAM) Provinsi Kepulauan Riau, di Kabupaten Lingga.

Ketua LAM Kabupaten Lingga, Muhammad Ishak mengungkapkan, ucapan selamat yang ditujukan untuk pasangan calon presiden dan wakil presiden Jokowi-Ma’ruf tersebut dengan pesan agar keduanya dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya.

“Mudah-mudahan Bapak Presiden dan Wakil Presiden dapat mengemban tugasnya dengan sebaik-baiknya dan jangan lupa juga membangun Provinsi Kepulauan Riau,” kata Ishak kepada Pijarkepri.com saat ditemui pada peresmian Museum Timah Singkep, di Dabo Singkep, Kamis (23/5/2019).

Ucapan selamat kepada calon Presiden dengan nomor 01 ini juga datang dari tokoh masyarakat Tionghoa Dabo Singkep, yang diwakili, Alim Untung, Apen dan David Cua.

“Kami tokoh masyarakat Tionghoa Kabupaten Lingga, mengucapkan selamat atas terpilihnya Joko Widodo dan Makruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden Indonesia,” ucapnya.

Diketahui l, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan pasangan calon presiden dan wakil presiden Nomor (01) Ir. H. Joko Widodo – Prof. Dr. (H.C) Kh. Ma’ruf Amin sebagai peraih suara terbanyak pada Pemilihan Umum Presiden Indonesia 2019.

Komisioner KPU Evi Novida Ginting Manik dalam rapat pleno KPU di gedung KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (21/5/2019) dini hari menyebutkan, Hasil pilpres itu ditetapkan dalam keputusan nomor 987.

Hasil rekapitulasi hasil surat suara KPU secara nasional ini terdiri dari perolehan suara di 34 provinsi dan 130 panitia pemilihan luar negeri (PPLN).

“Jumlah suara sah pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin 85.607.362 suara. Jumlah suara sah pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno 68.650.239,” ujarnya.

KPU membacakan jumlah suara sah nasional 154.257.601. Jumlah suara sah pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Ir. H. Joko Widodo – Prof. Dr. (H.C) Kh. Ma’ruf Amin 85.607.362 atau 55,50 persen dari total suara sah nasional.

Jumlah suara sah pasangan capres-cawapres nomor urut 02 H. Prabowo Subianto – H. Sandiaga Salahudin Uno 68.650.239 suara atau 44,50 persen dari total suara sah nasional.

Jokowi-Ma’ruf unggul di 21 provinsi, yang terdiri atas Gorontalo, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, Bangka Belitung, Bali, Sulawesi Barat, Yogyakarta, Kalimantan Timur, Lampung. Selanjutnya pasangan nomor urut 01 itu menang di Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah.

Kemudian Jokowi-Ma’ruf unggul di Jawa Timur, NTT, Jawa Tengah, Kepulauan Riau, Papua Barat, DKI Jakarta, Sumatera Utara, Maluku, dan Papua.

Sementara itu, 13 provinsi lainnya dikuasai pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Paslon 02 masih dapat mengajukan sengketa hasil Pilpres ini ke MK. Jika dalam tiga hari setelah berakhirnya batas waktu pengujian keberatan penetapan hasil Pemilu ke MK, tidak ada sengketa yang diajukan, maka KPU dapat menetapkan Presiden dan Wakil Presiden terpilih 2019-2024.

Pewarta : Aci
Editor : Aji

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top