Puskesmas Lanjut Gelar Pembinaan Guru UKS

Ket foto: pembinaan guru UKS di Puskesmas Lanjut.

PIJARKEPRI.COM, Lingga – Untuk meningkatkan pengetahuan para Guru Unit Kesehatan Sekolah (UKS) di wilayah kerjanya, Puskesmas Lanjut, Kecamatan Singkep Pesisir, menggelar Pembinaan Guru UKS di ruang serba guna Puskesmas Lanjut, Senin (22/4/2019).

Sekretaris Camat Singkep Pesisir, Agustarman Almuzani dalam sambutannya menyampaikan, UKS merupakan wadah dan program untuk meningkatkan kemampuan pola hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik.

“Pentingnya UKS dalalm kegiatan di sekolah, untuk meningkatkan derajat kesehatan anak sekolah dan menunjang prestasi belajar,” kata Agustarman saat membuka kegiatan pembinaan guru UKS di Puskesmas Lanjut, Senin (22/4/2019), kemarin.

Ditempat yang sama, Plt Kepala Puskesmas Lanjut, Enny Rozanti mengatakan, kegiatan ini sasarannya seluruh guru UKS yang ada di Kecamatan Singkep Pesisir, dengan harapan melalui pembinaan ini dapat memberikan pendidikan kesehatan kepada para peserta, sehingga bisa diterapkan secara efektif di setiap sekolah-sekolah yang dibina para peserta.

“Diharapkan mereka pun nantinya bisa melakukan pengawasan kesehatan anak didiknya secara baik, serta dapat mengenal kelainan kesehatan anak didik mereka sedini mungkin,” ucap Enny Rozanti.

Enny Rozanti menjelaskan, berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan oleh tim pembina UKS/M Pusat, ternyata masih banyak sekolah yang belum melaksanakan UKS/M secara baik dan benar, hal ini disebabkan kurangnya buku-buku pedoman pelaksanaan UKS/M di sekolah, serta pelatihan pembina dan berbagai informasi tentang pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan lingkungan sehat.

Tujuan pelaksanaan kegiatan ini, lanjut Enny, untuk memberikan penyegaran tentang kegiatan kesehatan yang dilakukan diinstitusi pendidikan dan juga untuk menjalin koordinasi yang baik di lintas sektor wilayah kerja Puskesmas Lanjut.

“Semoga dengan penyegaran guru UKS ini, dapat memberikan peningkatan kinerja lintas sektor dibidang pendidikan pada institusi sekolah, menjadikan sekolah-sekolah yang sehat, peserta didik nya menjadi generasi yang sehat dan cerdas,” terangnya.

Kami berharap, tambah Enny Rozanti, semua peserta dapat mengikuti kegiatan dengan baik dan dapat mengaplikasikan nya pada institusi pendidikan mulai dari Paud, TK, SD, SMP dan SMA karna sehat itu dimulai dari diri kita.

“Kita harus sehat, baru bisa memberikan contoh perilaku hidup bersih dan sehat pada orang lain, keluarga dan masyarakat disekitar kita,” tutupnya. (ACI).

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *