KPU Masih Hitung Suara Pemilu Serentak 2019 di PPK

Situasi rekapitulasi penghitungan suara Pemilu serentak 2019 di Kecamatan Tanjungpinang Barat, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau, Minggu (21/4/2019) pukul 23.16 wib. (Foto: Ichay)

PIJARKEPRI.COM, Tanjungpinang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang menyatakan masih melangsungkan rekapitulasi penghitungan suara Pemilu serentak 2019 di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Penghitungan itu merupakan hasil penghitungan surat suara  Pemilu 2019 dari Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS Se-Kota Tannungpinang.

Komisioner Divisi Data KPU TPI, M Hafidz Diwa Prayoga, di Tanjungpinang, Minggu (21/4/2019) mengatakan, rekapitulasi penghitungan suara Pemilu serentak 2019 berlangsung 18 April 2019 hingga 22 Mei 2019.

“Saat ini masih penghitungan suara di kecamatan, kami masih memindahkan data dari setiap TPS di setiap kelurahan, pengumunan hasil penghitungan 22 Mei,” ujarnya.

Hafidz kemmbali menjelaskan tahapan Pemilu 2019 masih panjang. KPU tidak dapat memastikan berapa data jumlah suara yang masuk, hal itu dikarenakan masih dalam tahapan penghitungan. Setelah rekapitulasi penghitungan suara dilanjutkan penyelesaian sengketa hasil pemilu presiden dan wakil presiden pada 23 Mei 2019 hingga 15 Juni 2019.

Setelah itu pada Juli-September 2019 peresmian keanggotaan, dan dilanjutkan pada Agustus-Oktober 2019 pengucapan sumpah/janji.

KPU tak begitu menjawab soal hasil penghitungan suara Pemilu 2019 dari partai politik maupun lembaga survey manapun. Menurutnya, sebagai lembaga independen penyelenggara Pemilu, KPU berpedoman pada jadwal peraturan yang ada.

Peraturan tersebut mengacu pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 7 Tahun 2019 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019.

“Hasil apa pun itu silahkan saja, yang jelas sesuai tahapan, data hasil penghitungan suara masih kita entri, pindahkan dari TPS, kelurahan, kecamatan. Ditunggu hasilnya, belum, masih panjang lagi,” ujarnya.

Diketahui pula terdapat 5 TPS di Kota Tanjungpinang yang akan melaksanakan Pemilihan Suara Ulang (PSU), kelima TPS itu terdapat 1 TPS di Dapil II Tanjungpinang Timur dan 4 TPS di Dapil III Bukit Bestari.

ANG
Editor : Aji Anugraha

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top