LAKI Minta Dishub Menata Kembali Rambu Lalu Lintas

Rambu jalan yang sudah usang di Jalan depan SMP Negeri 2 Singkep, Lingga. (f-aci)

PIJARKEPRI.COM, Lingga – Organisasi Kemasyarakatan Laskar Anti Korupsi Indonesia (LAKI) Lingga, meminta Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lingga untuk menata kembali rambu-rambu lalu lintas jalan di Dabo Singkep.

Ketua LAKI Lingga, Azerah, di Lingga, Selasa (5/3/2019) mengatakan, permintaan untuk menata kembali rambu-rambu jalan di Lingga mengingat berdasarkan pantauan LAKI banyak rambu-rambu jalan sudah tidak terawat dengan baik, sehingga meresahkan pengendara.

“Banyak rambu lalu lintas yang tidak lagi terlihat dijalan-jalan tertentu di Dabo Singkep, karena rambu tersebut sudah lepas dan tidak lagi dipasang oleh dinas terkait,” kata Pria yang juga akrab disapa Iwan ini, kepada pijarkepri.com.

Baca Juga : Masyarakat Singkep Pertanyakan Parkir Kendaraan di Jalan Belum Memiliki Marka

Ia mengatakan, rambu lalu lintas yang ditempatkan disejumlah titik jalan, merupakan petunjuk bagi pengendara kenderaan, baik itu roda dua maupun roda empat, dan biasanya rambu ini terbuat dari pelat alumunium maupun bahan lainnya yang memenuhi persyaratan, dan ukurannya pun telah ditentukan.

Karena rambu merupakan bagian dari perlengkapan jalan, yang terlihat pada rambu biasanya adalah lambang, huruf, angka, kalimat atau perpaduan diantaranya, karena sebuah rambu berfungsi sebagai peringatan, larangan, perintah, maupun petunjuk bagi para pengguna jalan.

Menurutnya, banyak rambu yang terpasang disejumlah ruas jalan terlihat tidak standar. Dia berpendapat karena ukurannya lebih kecil, selain itu, juga terlihat hanya ada satu rambu dijalan depan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Singkep.

“Coba lihat rambu yang terpasang dijalan menuju ke RSUD tepatnya didepan Kantor PLN, ukurannya terlihat kecil dan tidak standar, meski ada dibeberapa titik jalan terlihat rambu dengan ukuran kecil,” terangnya.

Dari pantauan media ini dilapangan, rambu yang terpasang dijalan menuju RSUD Dabo Singkep, ukurannya lebih kecil dari ukuran biasanya yakni, 60×60 cm.

Selain itu, rambu berada di jalan depan SMP Negeri 2 Singkep hanya terdapat satu rambu, padahal pada jam-jam tertentu jalan tersebut cukup padat, karena aktifitas pulang dan pergi anak sekolah.

ACI

Editor : Puspandito

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *