Abdul Gani Atan Akan Perjuangkan Pembangunan Fasum Desa Posek

Komisi II DPRD Lingga saat menggelar resses di Desa Posek, Kec Kepulauan Posek, Lingga, Sabtu (13/10). (f-aci)

PIJARKEPRI.COM, Lingga – Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lingga, Abdul Gani Atan mengungkapkan akan memperjuangkan pembangunan kelengkapan Fasilitas Umum (Fasum) di Desa Posek, Kecamatan Kepulauan Posek, Lingga.

Hal ini diutarakan Gani, sapaan akrabnya, dikarenakan menanggapi usulan msyarakat desa Posek, saat anggota Komisi II DPRD Lingga menggelar resses (menyerap aspirasi,red) kecamatan muda di Lingga itu, Sabtu (13/10).

Penduduk Desa Posek mengutarakan sejumlah permasalahan kepada anggota Komisi II DPRD Lingga. Diantara sejumlah usulan yang dipinta penduduk ke wakil rakyat tersebut yakni persoalan Fasum.

Mewakili masyarakat, Ketua BPD Desa Posek, Nasrah mengutarakan, persolan Fasum seperti jalan menuju ke Tanjung Pering tempat dimana akan dibangunnya Kantor Camat, Puskesmas serta perkantoran lainnya belum tersedia dengan layak.

“Sehingga saat ini untuk menuju tempat tersebut, masyarakat menggunakan jalan setapak yang dibangun warga setempat,” ungkapnya.

Ia mengatakan, minimnya fasilitas umum di Desa tersebut dapat dirasakan, semisal jalan yang sulit dilewati, terlebih jika musim hujan tiba, beberapa titik jalan dengan kondisi banjir dan saat musim panas cukup gembur.

Selain Fasum jalan, lanjutnya, penduduk setempat juga membutuhkan tambatan perahu. Perlunya dermaga di Desa itu dikarenakan di Desa Posek, saat air laut dalam keadaan surut sangat dangkal, sehingga sulit disinggahi jika menggunakan pompong.

“Apalagi kapal dengan ukuran yang agak besar,” ujarnya.

Selain Fasum, Nasrah mengatakan, masih minimnya tenaga pengajar di Sekolah Dasar (SD) Desa Posek.

“Guru sekolah juga kami kekurangan, karena guru di SD Negeri 005 Kecamatan Kepulauan Posek hanya 5 orang guru satu diantaranya adalah guru honor,” ungkapnya kepada Abdul Gani Atan Leman.

Menyikapi usulan masyarakat, Atan mengungkapkan, apa yang menjadi usulan masyarakat desa Posek tersebut, khususnya masalah Fasum seperti tambatan perahu atau dermaga akan dipercepat pembangunanya.

“Mudah-mudahan cepat terealisasi, karena sudah kita ajukan beberapa waktu lalu saat kami turun melihat lokasi untuk perkantoran,” ujarnya.

Sementara untuk permasalahan dermaga, Komisi II DPRD Lingga melihat di pulau-pulau memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, terlebih, sebagai Kecamatan baru, yang dekat dengan perkantoran dibangun, Fasum sangat diperlukan.

“Jika akses untuk kesana seperti jalan dan dermaga tidak ada, bagaimana masyarakat akan berurusan kesana,” kata Gani dihadapan masyarakat yang hadir dalam reses di Desa Posek.

Diketahui Reses tersebut memasuki masa sidang 3, Abdul Gani Atan Leman, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lingga melakukan reses dengan mengunjungi beberapa Desa guna menyerap aspirasi masyarakat.

Pewarta: Puspandito/Aci

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top