Lis Darmansyah Pimpin PDBI Kepri, Berikut Visi dan Misinya

H Lis Darmansyah SH, saat menyampaikan visi misi dan program strategis PDBI di Musyawarah PDBI Kepri 2018. (f-ang)

PIJARKEPRI.COM, Tanjungpinang – H. Lis Darmansyah terpilih menjadi Ketua Persatuan Drum Band Indonesia Kepulauan Riau 2018 dalam musyawarah PDBI Kepri 2018, di De Bintan Villa, Bintan, Sabtu (8/9).

Dalam musyawarah PDBI Kepri 2018, pria yang akrab dipanggil Lis ini memaparkan visi dan misinya berikut dengan strategi pengembangan organisasi PDBI Kepri yang akan dipimpin Lis kedepan.

“Mengapa visi dan misi serta strategi pengembangan organisasi ini disusun, ini adalah upaya untuk menetapkan suatu arah tujuan organisasi agar dapat berkembang lebih maju dari masa ke masa,” kata mantan perwakilan rakyat Tanjungpinang 2002-2004 ini.

Lis memaparkan Visi PDBI Kepri kedepan yakni, sebagai organisasi yang dapat memasyarakatkan Drum Band sebagai penunjang persatuan yang berkarakter, mandiri, akuntabel dan modern.

“Selain itu Menjadikan PDBI sebagai organisasi, mandiri, Akuntabel, berkarakter, modern,” imbuhnya.

Sementara untk misi PDBI Kepri kedepan, Lis membagi kedalam beberapa upaya percepatan pergerakan organisasi, yakni sebagai pendorong sektor pariwisata, peningkatan sumber daya manusia, management yang profesional transaparan dan akuntabel, serta pemberdayaan drum band.

Lis memaparkan lebih rinci mengenai misi PDBI Kepri sebagai pendorong sektor pariwisata meliputi upaya organisasi mengadakan even-even di tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi dan Nasional serta Internasional sebagai salah satu kalender pariwisata di Provinsi Kepulauan Riau.

PDBI mendapatkan peran untuk mengkoordinir lomba secara berjenjang sesuai kalender kegiatan PDBI dengan tingkatan dan jenisnya (Kabupaten, Provinsi, Nasional dan atau Internasional) / (Junior, Senior, Open Class) / (Terbuka dan Tertutup).

“Menjadikan Drum Band menjadi salah satu cabang yang dipertandingkan pada setiap even penyelanggaraan Pekan Olah Raga (Porkab/ Porkot dan Porprov),” kata Lis yang juga mantan Wakil Ketua DPRD Kepri periode 2004-2013

Di misi PDBI Kepri sebagai salah salah satu organisasi yang berupaya untuk meningkatkan sumber daya manusia, Lis menjelaskan, upaya tersebut untuk menjadikan PDBI sebagai wadah untuk membentuk National Character Building generasi muda.

“Mewujudkan PDBI sebagai tim drum band yang solid, unggul dan memperoleh prestasi yang cemerlang,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan, di sisi lain, untuk meningkatkan sumber daya manusia, PDBI diembankan tugas untuk melaksanakan pembinaan dan sertifikasi secara berjenjang kepada pengurus, pelatih dan juri PDBI di Tingkat Kabupaten/Kota.

Upaya PDBI menjalankan pembinaan juga terlebih dahulu mencetak pelatih-pelatih daerah untuk menjadi pelatih profesional berskala nasional dalam mengembangkan drum band di Provinsi Kepri.

“Terutama dengan berperan aktif dalam pengiriman satuan WIDITRA (drum band/marching band/drum corps/miliatry band/corps musik) pada even-even Nasional maupun Internasional,” ujarnya.

Upaya misi PDBI Kepri lainnya yang dipaparkan Lis mengenai manajeman yang profesional transaparan dan akuntabel diuraikan dengan membentuk forum drum band di Tingkat Kabupaten/Kota dalam penyusunan kalender kegiatan drum band.

Penyusunan rencana dan kalender kegiatan PDBI terebut kedepan dengan melibatkan pengurus drum band pada Kabupaten/Kota Provinsi Kepulauan Riau.

“Tentu penyusunan suatu starategi program PDBI itu lebih maju melalui monitoring, evaluasi dan supervisi terhadap kegiatan-kegiatan pelaksanaan even-even PDBI,” ujarnya.

Lis mengungkapkan, di misi pemberdayaan durm band, kedepan PDBI Kepri perlu memberdayakan dan pengembangan drum band di tingkat sekolah dan umum, menjalin hubungan kerja sama dengan berbagai pihak dalam memberdayakan potensi yang ada, baik di internal PDBI maupun eksternal PDBI.

“Kita akan berupaya menjadikan Drum Band Kepri sebagai salah satu media promosi kepariwisataan yang berkelanjutan,” ungkap mantan Wali Kota Tanjungpinang periode 2013-2018 ini.

Sementara untuk strategi pengembangan organisasi, Lis menguraikan beberapa poin penting yang perku dikerjakan PDBI Kepri kedepan.

Beberapa poin penting itu meliputi upaya PDBI untuk terus meningkatkan kualitas drum band dengan memberikan pelatihan dan bimbingan bagi peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Selain itu pula PDBI Kepri akan lebih mengedepankan penataan organisasi bersasi data, informasi dan teknologi, serta mengintegrasikan program pembinaan dari Provinsi hingga kabupaten dan kota.

“Semua rangkaian misi dan strategi program PDBI Kepri 2018 diupayakan akan didukung melalu kerjasama pemerintah dan swasta melalui program Corporate Social Responsibility, APBN/APBD dan sponsorship,” pungkasnya.

Pewarta : Aji Anugraha
Editor : Fataqur Hadkusi

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *