Masyarakat Dusun Teluk Nipah Berharap Dimekarkan

Dermaga pelabuhan di salah satu desa di Lingga. (Foto: Aji Anugraha/pijarkepri.com)

Dermaga pelabuhan di salah satu desa di Lingga. (Foto: Aji Anugraha/pijarkepri.com)

PIJARKEPRI.COM, Lingga – Lantaran terkendala dengan rentang kendali yang cukup jauh, masyarakat Dusun II Teluk Nipah, Desa Posek, Kecamatan Kepulauan Posek, Kabupaten Lingga mengharapkan dusun mereka dimekarkann menjadi Desa, guna memperpendek rentang kendali.

Kepala Dusun (Kadus) II Teluk Nipah, Riadi, di Lingga, Minggu (6/5) mengatakan, keinginan masyarakat untuk memisahkan diri dari Desa Posek, bukan karena tidak puas dengan program pembangunan dari kepemimpinan Kepala Desa (Kades) saat ini.

Namun pemekaran tersebut justru akan membantu untuk mempercepat pembangunan di desa induk. Karena, menurutnya dengan adanya pemekaran, tentunya Alokasi Dana Desa (ADD) yang bersumber dari APBDes dan Dana Desa (DD) APBN yang dialokasikan tidak lagi terbagi dengan Teluk Nipah.

Riadi menjelaskan, jika pemekaran disegerakan, warga Teluk Nipah telah menyiapkan lahan untuk perkantoran.

Saat ini, fasilitas yang ada di Teluk Nipah juga sudah memungkinkan untuk berdiri sendiri.

Selain itu keinginan pemekaran ini secara lisan sudah pernah masyarkat setempat sampaikan kepada Wakil Bupati Lingga dan salah seorang anggota DPRD Lingga.

Kata Riadi, saat itu Wakil Bupati Lingga, M Nizar, menyampaikan untuk Dusun ll Teluk Nipah sudah seharusnya dimekarkan menjadi Desa sendiri. Akan tetapi, pemekeran perlu melihat regulasi yang ada, hal itu dikarenakan bersamaan dengan Dusun Teluk Nipah terdapat beberapa desa lain yang juga akan di mekarkan.

“Jika memang memungkinkan akan kita masukkan, namun ini masuk pada dasar untuk dimekarkan desanya, regulasinya akan kita pelajari dulu,” kata Riadi, menirukan apa yang pernah disampaikan oleh Wakil Bupati Lingga, M Nizar. Minggu (6/5/2018).

Keinginan mendasar masyarakat Dusun II Teluk Nipah untuk dimekarkan menjadi Desa sendiri, yakni upaya untuk mempercepat ketertinggalan pembangunan di desa itu.

Riadi mengatakan, satu Desa Posek terdiri dari 8 pulau, jika dimekarkan akan memperpendek rentang kendali. Pulau-pulau kecil sekitar dusun Teluk Nipah juga akan bergabung agar keinginan untuk pemekaran dapat terwujud.

“Jika pemekaran terwujud, yang perlu menjadi perhatian di dusun ini yakni, sarana air bersih, jembatan penghubung serta transportasi laut yang diperuntukan bagi pelajar SD untuk ke sekolah,” tutupnya. (ACI)

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top