Dunia  

Jokowi Akan Temui Zelenzky dan Putin

Presiden Jokowi saat diwawancara jurnalis selepas berbuka puasa bersama dengan Ketua DPD RI di Kuningan, Jakarta, Rabu, 15 Mei 2019. (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)

PIJARKEPRI.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) direncanakan akan mengunjungi Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky dan Presiden Rusia Vladimir Putin pada akhir Juni 2022.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, di laman YouTube Kementerian Luar Negeri, Rabu (22/6/2022) menyebutkan, kunjungan Presiden Jokowi ke Ukraina dan Rusia merupakan rangkaian lanjutan pertemuan undangan KTT G7 di Jerman.

Retno mengatakan, Presiden Jokowi dalam kapasitasnya sebagai Presiden G-20 setelah menjadi tamu undangan khusus di KTT G-7 bersama negara lainnya yang akan digelar di Jerman pada 26-27 Juni.

Beberapa negara yang mendapatkan undangan dalam KTT G7 adalah Indonesia, India, Argentina, Senegal dan Afrika Selatan.

“Dari jerman, Presiden Jokowi akan mengunjungi Kiev Ukraina dan Moskow Rusia. Kunjungan ke dua negara ini merupakan kunjungan yang dilakukan dalam situasi yanga tidak normal,” kata Retno.

Retno mengatakan, meskipun situasinya sulit dan masalahnya kompleks, sebagai Presiden G-20, dan salah satu anggota Champions group, Presiden Jokowi memilih untuk mencoba berkontribusi, tidak memilih untuk diam.

Jokowi merupakan pemimpin asia pertama yang akan melalukan kunjungan ke dua negara tersebut sejak perang antara Ukraina dan Rusia, Januari 2022.

“Kunjungan presiden ini menunjukkan kepedulian terhadap isu kemanusiaan, mencoba memberikan kontribusi untuk menagangani krisis pangan yang dikibarkan karena perang dan dampaknya dirasakan oleh semua negara, terutama negara berkembang dan negara dengan penghasilan rendah, dan terus mendorong spirit perdamaian,” ungkap Retno.

“Didalam kunjungan ke Kiev dan Moskow tentunya bapak Presiden akan melakukan pertemuan dengan presiden Zelenzky dan Presiden Putin,” tambahnya.

Sumber : pijarkepri.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *