Lingga  

Bupati Lingga Hadiri Syukuran Desa Persiapan Air Batu

Bupati Lingga Alias Wello saat memotong pita peresmian kantor desa persiapan Desa Air Batu, Lingga, (Minggu, 2/8).
Bupati Lingga Alias Wello saat memotong pita peresmian kantor desa persiapan Desa Air Batu, Lingga, (Minggu, 2/8).

PIJARKEPRI.COM, Lingga – Bupati Lingga Alias Wello dan Ketua DPRD Lingga Ahmad Nasirudin, Minggu, (2/8/2020) menghadiri syukuran Desa Persiapan Air Batu, Kecamatan Singkep Barat, Kabupaten Lingga, Kepri.

Bupati Lingga, Alias Wello menyampaikan, perjuangan untuk membentuk desa pemekaran itu tidak’lah gampang seperti Desa Batu tersebut.,

Menurutnya berdasarkan peraturan syarat pemekaran suatu desa diperlukan sejumlah prasyarat seperti jumlah penduduk, infrastruktur, kemudian jarak untuk masuk ke desa tersebut.

Bupati yang akrab disapa AWe ini menjelaskan, banyak syarat-syarat terbentuknya suatu desa persiapan yang harus dipenuhi. Masyarakat perlu bersyukur dan menjaga terbentuknya desa persiapan tersebut.

Awe mengatakan, berdasarkan aturan yang disyaratkan, dalam 3 tahun desa tersebut diharuskan ada pertumbuhan ekonomi yang bagus, karena jika tidak, desa persiapan tersebut akan kembali lagi ke desa induk.

“Diharapkan, desa persiapan Air Batu secepatnya menjadi difinitif, karena seperti desa-desa lain yang tentu akan mendapat otoritas kemandirian dalam segi pembiayaan, baik itu DD maupun ADD,” kata AWe dalam sambutannya di syukuran desa persiapan Air Batu, Minggu (2/8/2020).

Sementara itu, Pjs Kepala Desa Air Batu, Iskandar meminta dukungan dari semua pihak, dalam menjalankan tugas nya sebagai Pjs Kades persiapan Air Batu, mudah- mudahan dari desa persiapan ini secepat nya menjadi difinitif.

Dari desa persiapan menuju definitif, lanjut Iskandar, adalah mulai memperkuat administrasi dan kelembagaan dalam desa, memperkuat administrasi, dan membuka jalan lintas antar desa juga menjadi prioritas kami, memang untuk saat ini belum terjadi kendala, namun ini akan ada seiring berjalannya waktu.

“Saya mengajak semua insan desa persiapan, seperti Tokoh Pemuda, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, agar kita bersatu mengantarkan desa persianpan ini menjadi difinitif,” terangnya.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Sungai Harapan yang merupakan desa induk dari desa persiapan Air Batu, Malisi menyampaikan, terbentuknya Desa Persiapan Air Batu, merupakan kerjasama dari semua pihak, dan pengajuan desa persiapan ini pun di respon Pemerintah daerah dan DPRD Lingga.

Kerjasama yang masih terus kita lakukan, lanjut Malisi, adalah menjadikan desa persiapan ini difinitif, dengan pemekaran ini kedepannya, masyarakat lebih luas dapat merasakan bantuan-bantuan dari Pemerintah.

“Saya berharap kepada masyarakat desa persiapan, dukung lah Pjs Kades dalam berbagai hal, seperri gotong royong, administrasi dan lain-lain nya,” tutupnya.

Hadir pada syukuran Desa Persiapan Air Batu, Bupati Lingga, Alias Wello, Ketua DPRD Lingga, Ahmad Nasirudin, beserta anggota, Neko Wesha Pawelloi, Camat Singkep Barat, Febrizal Taufik, Kades Sungai Harapan, Malisi, Pjs Kades persiapan Air Batu, Iskandar, Babinsa, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama, Tokoh Masyakat dan Masyarakat Desa Persiapan Air Batu. (Aci)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *