Surat Edaran Bupati Lingga : Salat Tarawih Ramadhan 1441H Boleh di Masjid

Surat edaran Bupati Lingga Nomor : 400 / KESRA/0625 tentang pelaksanaan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah di Kabupaten Lingga Provinsi Kepulauan Riau.

PIJARKEPRI.COM, Lingga – Bupati Lingga Alias Wello membolehkan penduduk lingga melaksanakan ibadah salat tarawih Ramadhan 1441 Hijriah di masjid-masjid, di Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau dengan beberapa ketentuan.

Hal itu berdasarkan Surat edaran Bupati Lingga Nomor : 400 / KESRA/0625 tentang pelaksanaan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah di Kabupaten Lingga Provinsi Kepulauan Riau.

Kepala Bagian (Kabag) Kesra di Setda Lingga, Jaya Atmajaria, di Lingga, Kamis (23/4/2020) menyampaikan, saat ini surat edaran terkait pelaksanaan salat tarawih Ramadhan 1441H tersebut sudah berada di meja Bupati Lingga.

“Salat tarawih selain di masjid, pelaksanaannya boleh di rumah sesuai kesepakatan Bupati pada rapat yang dihadiri oleh Kepala Kemenag Lingga, Ketua MUI dan beberapa pimpinan OPD,” kata Jaya Atmajaria.

Surat edaran Bupati Lingga tersebut berdasarkan Intruksi Gubernur Kepulauan Riau Nomor: 451.1/593/B.KR-SET/2020 tanggal 15 April 2020 tentang Pelaksanaan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441 H di Provinsi Kepulauan Riau.

Fatwa MUI Nomor 14 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ibadah Terjadi Wabah Covid – 19. Tausyiah MUI Provinsi Kepulauan Riau tanggal 25 Maret 2020 tentang Penyelenggaraan Ibadah di Masjid atau Musholla dalam situasi pandemic virus Covid – 19

Selain itu, surat edaran tersebut berdasarkan Hasil keputusan rapat MUI Lingga bersama Bupati Lingga, unsur Gugus Tugas Covid-19, FKPD Lingga, Kepala Kemenag Lingga tanggal 17 April 2020.

Maklumat Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Lingga tanggal, 20 April 2020 tentang Pelaksanaan Ibadah dan Ibadah Ramadhan serta Idul Fitri 1 Syawal 1441 H dalam situasi Pandemi Virus Covid – 19 di Kabupaten Lingga.

Pemerintah Kabupaten Lingga tidak melarang bagi masyarakat yang ingin melaksanakan ibadah salat tarawih di rumah.

Dalam surat edaran tersebut, terdapat beberapa poin penting terkait penerapan salat tarawih di masjid, diantaranya pengurus masjid/mushala diharapkan agar menyediakan tempat cuci tangan dan sabun (sanitiezer) disetiap pintu masuk.

Bahwa untuk memberikan kepastian kepada masyarakat Kabupaten Lingga terhadap Kegiatan Keagamaan yang menyebabkan berkumpulnya orang dalam jumlah banyak seperti Salat Lima Waktu/Rawatib, Sholat Tarawih dan Idul Fitri di Masjid / Musholla dapat dilakukan dengan tetap menjaga jarak antara jamaah sholat Salat jamaah direnggangkan minimal1/2 meter/ menyesuaikan).

Pengurus masjid/mushala, jelas jaya, agar tidak membentang atau menyediakan sejadah pada pelaksanaan salat lima waktu, salat tarawih dan Idul Fitri. Pengurus diminta mengimbau jamaah untuk membawa sejadah masing-masing.

“Masyarakat, jamaah masjid, surau dan mushala diminta tetap waspada dalam beribadah, ikuti surat edaran tersebut sebagaimana mestinya, semoga ikita dapat beribadah dalam suasana yang menyenangkan di bulan suci Ramadhan tahun ini,” terangnya.

Dalam surat edaran tersebut, pengurus masjid/mushala diminta untuk tetap melakukan pembersihan dengan menggunakan disinfektan, antiseptic dan bahan pembersih dalam upaya pencegahan penularan Covid-19.

Kepada masyarakat/jamaah yang mengalami sakit seperti demam, pilek dan batuk serta masyarakat yang baru pulang berpergian dari luar Kabupaten Lingga, diimbau untuk tidak salat berjaamah di masjid.

Hingga, Rabu (22/4/2020), Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kepri mendata 81 orang positif Covid-19, sebanyak 253 orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP), 2712 orang dalam pemantauan (ODP),1350 Orang Tanpa Gejala (OTG) terpapar Covid-19, di Kepulauan Riau.

Di Lingga, Satgas Covid-19 tidak ditemukan data pasien positif Covid-19, pasien dalam pengawasan dan orang tapa gejala. Namun, disebutkan sebanyak 10 orang dalam pemantauan Covid-19.

Pewarta: Aci/Puspandito
Editor : Aji Anugraha

Berikut Surat edaran Bupati Lingga Nomor : 400 / KESRA/0625 tentang pelaksanaan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah di Kabupaten Lingga Provinsi Kepulauan Riau.

 

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *