Pemkab Lingga Perangi Covid-19 Lakukan Penyemprotan ke Daerah Pesisir

Wakil Bupati Lingga M Nizar saat menyemprotkan disinfektan di perkantoran Lingga, Sabtu (4/4/2020).

PIJARKEPRI.COM, Lingga Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga menyepakati memerangi Corona Virus Disease (Covid-19) dengan terus mengantisipasi mencegah penyebaran virus tersebut melalui penyemprotan disinfektan hingga ke daerah-daerah pesisir pulau.

Wakil Bupati Lingga, Mujammad Nizar, di Lingga, Sabtu (4/4) menyampaikan, sasaran kegiatan penyemprotan disinfektan hari ini dilaksanakan di 4 Desa yang ada di Kecamatan Selayar, Kabupaten Lingga, dimulai dari Desa Penuba, Desa Pantai Harapan, Desa Tanjung Dua dan berakhir di Desa Penuba Timur.

Ia mengatakan, sesuai dengan arahan pemerintah pusat, Kapolri maupun Gubernur dalam menanggapi masalah Covid-19 tersebut perlu kerjasama semua pihak untuk bersama-sama memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Menurutnya perintah pemerintah untuk tetap dirumah saja, cuci tangan pakai sabun, dan menyemprotkan cairan disinfektan merupakan ajakan untuk bersama mengakhiri wabah virus tersebut.

“Memang kita merasa lelah apalagi masyarakat disuruh Stay di rumah, ditambah lagi anak-anak kita yang disuruh libur belajar di rumah, ditambah lagi dengan himbauan-himbauan, sehingga kalau kita ingin bicara jujur tentu kita akan bertanya kapan ini bisa selesai.

Nizar menjelaskan, kecemasan masyarakat setelah membaca pemberitaan bahwa setiap hari terus bertambah masalah corona, tentunya denngan adanya penambahan ini kita merasa ketakutan dan berbagai hal lainnya, sehingga energi positif tidak muncul, dan yang timbul energi negatif sehingga membuat kita kebingungan, sementara virus ini semakin menguat.

“Untuk itu, mari kita bersama- sama untuk melakukan pencegahan dan itu sangat penting, karena kalau tidak kita yang berbuat siapa lagi dan kalau bukan sekarang kapan lagi,” kata Nizar saat diwawancarai Pijarkepri.com disela-sela kegiatan penyemprotan di Desa Penuba, Sabtu (4/4/2020) pagi.

Kemudian hari ini, lanjut Nizar, semuanya kita berfikir bagai mana kita untuk mengembalikan dan menyelamatkan nyawa manusia ini, artinya jika bicara masalah ekonomi, semuanya berpengaruh kepada ekonomi, tapi ekonomi tersebut bisa kita mengembalikannya, tetapi kalau nyawa apakah bisa kita mengembalikan.

“Jadi kita minta kepada relawan-relawan yang ada di semua tingkatan untuk terus begerak, dan menjadikan Covid-19 ini musuh bersama dan bersama-sama pula kita memerangainya, sasaran kita untuk pencegahan Covid-19, penyemprotan di semua kantor mulai dari tingkat desa, kelurahan, kecamatan dan sampai ke tingkat kabupaten,” terangnya.

Sementara itu, Camat Selayar, Muhammad Saman mengatakan, sebelum adanya kegiatan kabupaten ini kami juga telah melaksanakan, dari awal dianjurkan oleh pak Bupati Lingga kami sudah melaksanakannya, dengan adanya pak Wakil Bupati Lingga datang ke daerah kami ini, tentunya kami sangat terbantu sekali, karena telah mengurangi beban kami, sehingga masyarakat kami juga bisa mengetahui seberapa pentingnya kesehatan tersebut.

Saat ini, lanjut Saman, kalau untuk perkantoran dan tempat-tempat ibadah sudah kita lakukan penyemprotan semuanya, hanya rumah-rumah masyarakat yang belum, dan saat ini sedang kami lakukan, yang terpenting masyarakat dapat menjaga pola makan, menjaga kebersihan, dan tidak kalah pentingnya adalah masalah kebersihan terhadap lingkungan, saya telah menghimbau kepada semua kades untuk menjaga kebersihan lingkungannya.

“Jadi bukan hanya pola makan saja yang harus dijaga, tapi kebersihan lingkungan juga sangat diperlukan,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Penuba, Sapri menyampaikan, kami atas nama pemerintah desa Penuba, mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Lingga, yang telah melakukan penyemprotan di desa kami.

Meski sebelumnya, tambah Sapri, kami juga telah melakukan penyemprotan, tapi dengan adanya penyemprotan yang dilalukan oleh pak Wakil Bupati bersama tim, tentu kami sangat berbesar hati dan bangga sekali.

“Kami berterima kasih kepada Pemkab Lingga, kami sangat mendukung dengan kegiatan penyemprotan disinfektan ini di desa kami,” tutupnya.

Kegiatan penyemprotan disinfektan di Kecamatan Selayar ini, selain dihadiri, Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar, juga dihadiri Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Lingga, Armia, Plt Kepala Dinas Sosial Lingga, Kisanjaya, Sekretaris PMI Lingga, Rudi Purwonugroho serta Tim relawan PMI Lingga, Ketua HKTI Kabupaten Lingga, Abdul Gani Atan leman, Danpos AL, Camat Selayar, Muhammad Saman dan Staff, Kapolsubsektor Desa Penuba Polsek Daik Lingga, Bhabinsa Desa Penuba , Pos AL penuba, Unit Basarnas, Kepala Puskesmas Kecamatan Selayar, Satpol PP serta Tim Medis Kecamatan Selayar. (Aci)

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *