Dokter RSUD Kepri Terus Berupaya Menyembuhkan Pasien Covid-19

Petugas kesehatan di RSUD Raja Ahmad Tabib Tanjungpinang, Kepualuan Riau menggunakan pakaian hazmat saat membersihkan sejumlah ruang tempat isolasi pasien Covid-19 di rumah sakit itu, belum lama ini. (foto: istimewa/pijarkepri.com)

PIJARKEPRI.COM – Tim medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kepri Raja Ahmad Tabib, di Tanjungpinang terus berupaya menyembuhkan pasien Corona Virus Desese 2019 (Covid-19) yang tengah mendapatkan perawatan di rumah sakit itu.

Ketua Bidang Kesehatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kepri, Tjetjep Yudiana, Sabtu (18/4), mengatakan, mendapatkan penjelasan penanganan medis pasien Covid-19 dari Direktur RSUD Kepri Raja Ahmad Tabib, Elfiani Sandri.

Elfiani Sandri mengatakan obat-obat yang digunakan RSUD dalam menangani pasien Covid-19 yakni oseltamivir tablet dan azitromisin tablet. RSUD Kepri juga memberikan obat-obatan tertentu untuk kasus pasien Covid-19 kondisi sedang dan berat.

“Obat-obatan yang tersedia di RS, adalah oseltamivir tablet dan azitromisin tablet. Tapi obat-obatan lainnya yang harus diberikan dibeli/diadakan oleh RS, terutama untuk kasus sedang – berat,” tulisnya, menjawab pertanyaan pijarkepri.com

Ia mengatakan, dalam penanganan pasien Covid-19, dokter memberikan terapi menurut standar yang dibuat oleh Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) yang juga mengacu pada standar WHO.

“Penanganan pasien Covid-19 adalah dengan memberikan pengobatan sesuai acuan, mengobati penyakit yang menyertai (komorbid), diit untuk pasien sesuai dengan komorbidnya, yang ditentukan oleh ahli gizi rumah sakit,” ujar Elfiani.

Elfiani menyebutkan, RSUD Kepri Raja Ahmad Tabib juga menggunakan obat tocilizumab, obat yang digunakan untuk radang sendi dan obat-obat lainnya untuk menangani pasien Covid-19 dengan kondisi berat.

“Obat tocilizumab juga dicoba digunakan untuk kasus tertentu yang berat. Obat ini dipesan ke Jakarta, dan ada obat-obatan lainnya yang kami datangkan dari Singapore,” ungkapnya.

Baca Juga : Ahli Onkologi Italia Temukan Obat Pasien Covid-19 Sembuh 50 Orang

Dilansir Kantor Berita Italia AGI menyebutkan Profesor Paolo Ascierto menggunakan obat tocilizumab dalam pengobatan pasien Covid-19 pertama di Italia.

Obat tocilizumab digunakan untuk pasien Covid-19 secara bersama-sama di rumah sakit Cotugno, pusat referensi regional untuk darurat corona virus dan khusus dalam penyakit menular, di Italia.

Ia menyebutkan, tocilizumab menyembuhkan 50 pasien Covid-19 di seluruh Italia. 8 dari11 Pasien Covid-19 di Rumah Sakit Fano dan Pesaro mengalami peningkatan kesembuhan setelah 24 jam.

Hingga, Sabtu (18/4/2020), Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kepulauan Riau mendata angka pasien positif Covid-19 di daerah itu terus mengalami peningkatan dari hari ke hari.

Satgas Covid-19 Kepulauan Riau mendata sebanyak 52 orang positif Covid-19, sebanyak 230 Pasien Dalam Pengawasan (PDP), 2506 Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan 1167 Orang Tanpa Gejala (OTG) Covid-19 di daerah itu.

Sebanyak 6 pasien sembuh dari Covid-19, 7 pasien positif Covid-19 meninggal dunia, 4 PDP meninggal dunia on proses lab.

Pewarta : Aji Anugraha
Editor : Redaksi pijarkepri.com

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *