Dinsos Lingga Menghimpun Data Penduduk Terdampak Covid-19

Kisanjaya, Plt Kepala Dinsos Lingga.

PIJARKEPRI.COM, Lingga – Dinas Sosial Kabupaten Lingga tengah menghimpun data penduduk di daerah itu terdampak bencana Corona Virus Desese 2019 (Covid-19).

“Artinya kita tetap bekerja, bahkan kerja kita pada bulan ramadhan ini bertambah atau kita lembur, karena kita diberi waktu yang singkat untuk mendata warga yang terdampak Covid-19 ini,” kata Kisanjaya, Plt. Kepala Dinsos Lingga, kepada Pijarkepri.com melalui WhastAppnya, Sabtu (25/4/2020).

Kisanjaya menjelaskan, perlu adanya kerja keras kawan-kawan Dinsos, karena data tersebut digunakan Pusat, Provinsi dan Pemerintah daerah, dan juga menjadi bahan berbandingan bantuan dari desa, karena bantuan tersebut tidak boleh tumpang tindih.

“Jadi perlu waktu untuk merekap dari usulan desa, kemudian akan disondingkan NIK dengan Disduk Capil, dan tentunya ini diperlukan kerja yang serius,” terangnya.

Kemarin, lanjut Kisanjaya, Dinsos menyelesaikan data Pusat dan saat ini sedang mengelola data untuk Provinsi dan Pemda Lingga. Keberhasilan data tersebut sangat perlu dukungan dari desa.

Ia mengatakan, pendataan dituntut data yang valid, mengingat yang mengetahui warga terdampak Covid-19 itu yakni, Rukun Tentangga (RT) dan Rukun Warga (RW) yang berada di Desa/Kelurahan.

Kisanjaya menambahkan, untuk bentuk bantuan tersebut, masih dalam proses bisa berbentuk barang atau bisa juga uang, dan pada saat ini, Dinsos masih didukung Bupati dan Wakil Bupati Lingga, Sekda, OPD terkait, serta dari camat, lurah dan kades.

“Mengenai program bantuan sosial diluar anggaran Pemerintah, sebelumnya kami juga sudah mengumpulkan sebagian rezki kami, berupa infak yang kami jadikan sembako untuk disedekahkan dibulan ramadhan ini,” tutupnya. (Aci)

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *