Relawan Covid-19 Sediakan Tempat Cuci Tangan Pakai Sabun untuk Masyarakat

Seorang pemuda tengah mencuci tangan di tempat cuci tangan pakai sabun yang diproduksi Relawan Covid-19 Tanjungpinang, Kamis (26/3/2020). (Foto: pijarkepri.com)

PIJARKEPRI.COM, Tanjungpinang – Sejumlah pemuda/i mahasiswa dan para pengusaha yang tergabung didalam Relawan Covid-19 Tanjungpiang mulai beraksi. Mereka menyediakan tempat pencuci tangan di seputaran jalan umum, kilometer 9, Bintan Centre, Kamis (26/3/2020).

Drum biru penampung air bertuliskan Cuci Tangan itu dikemas menjadi sarana pembersih tangan untuk masyarakat. Relawan Covid-19 Tanjungpiang juga menyediakan sabun cuci tangan.

Sedangkan sanitasinya terbuat dari corong air menjadi wadah cuci tangan. Air bekas cucian tangan langsung mengalir dari pipa terusan corong ke dalam saluran drainase, tepat di tepian jalan Posko Relawan Covid-19, Bintan Centre, Tanjungpiang.

Joni, seorang Relawan Covid-19 Tanjungpinang mengatakan, sarana tempat cuci tangan itu merupakan sikap Relawan Covid-19 Tanjungpinang untuk mengajak masyarakat rajin mencuci tangan, sebagai upaya menjaga kebersihan.

Cuci tangan pakai sabun merupakan salah satu cara mencegah penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Kami mengajak masyarakat agar tetap mencuci tangan pakai sabun, sarana ini disediakan untuk seluruh masyarakat Tanjungpiang, relawan lain mungkin dapat buat sarana ini juga,” ujarnya.

Ia mengatakan, saat ini Relawan Covid-19 Tanjungpinang sudah membuat 10 drum cuci tangan. Nantinya, sarana cuci tangan itu akan ditempatkan di tempat keramaian, fasilitas umum yang mudah di jangkau masyarakat.

Relawan Covid-19 Tanjungpinang mengajak siapapun yang siap bersama membantu menyuplai air di tempat sarana cuci tangan, dapat berkoordinasi dengan Relawan Covid-19, di Posko Relawan Covid-19, Komplek Bintan Centre Blok M. Nomor 12, Tanjungpiang-Kepri.

“Mari bersama-sama kita jaga kebersihan, kita lawan bersama Covid-19 dengan tetap menjaga kebersihan, ikuti anjuran pemerintah,” ujarnya.

Sejumlah pengusaha, pemudaTionghoa, akademisi dan wartawan di Tanjungpinang berinisiasi membentuk perkumpulan sosial yang disebut Relawan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) ditengah wabah Covid-19 yang menerpa Indonesia termasuk Kepulauan Riau, Tanjungpinang.

Para pengusaha dari berbagai jenis usaha, sejak Jumat (20/3/2020), mulai membahas beragam ide dan gagasan untuk membantu pemerintah mencegah penyebaran Covid-19 di Tanjungpinang. Inisiasi membentuk Relawan Covid-19 itu mendapat respon baik dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan (Covid-19) Kepulauan Riau.

“Kami mengapresiasi niat baik rekan-rekan Relawan Covid-19 Tanjungpinang. Semoga di daerah lain dapat berpikir sama seperti di Tanjungpinang, jangan panik tapi tetap waspada,” kata Nikolas Panama, yang juga anggota Gugus Tugas Percepatan Penanganan (Covid-19) Kepulauan Riau. (CR1)

Editor : Aji Anugraha

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *