Pusat Alokasi 15 Miliar Bangun GOR Tanjungpinang

Plt. Kepala Bagian Evaluasi dan Penilaian Kinerja, Kemenpora, Dr. Andi Rahman M,Si, di Tanjungpinang, Rabu (4/12/2019). (Foto: aji)

PIJARKEPRI.COM, Tanjungpinang – Pemerintah pusat melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga mengalokasikan anggaran senilai Rp15 Miliar untuk pembangunan Gedung Olahraga, di Tanjungpinang, Kepulauan Riau 2020.

Plt. Kepala Bagian Evaluasi dan Penilaian Kinerja, Kemenpora, Dr. Andi Rahman M,Si, di Tanjungpinang, Rabu (4/12/2019) mengatakan, pembangunan GOR tersebut berdasarkan usulan Dinas Kepemudaan dan Olahraga Tanjungpinang.

Selain merupakan program prioritas pembangunan Kemenpora, GOR Tanjungpinang merupakan kontribusi Kemenpora untuk Kepulauan Riau, khusus Tanjungpinang untuk dapat meningkatkan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) di daerah itu.

“Kontribusi Kemenpora untuk Kepri, khusunya Tanjungpinang kita sudah mencoba memberikan Dana Alokasi Khusus, untuk gedung olahraga 2020 di Tanjungpinang, nilainya Rp15 miliar, akan terealisasi di tahun depan,” ungkapnya.

Bukit Manuk, Senggarang, Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Rabu (4/12/2019). Lokasi ini merupakan area pembangunan GOR Tanjungpinang. (Foto: aji)

Kemenpora mencatat Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) Kepulauan Riau di atas rata-rata IPP Nasional. Terdapat 15 indikator penentu IPP yang terus berubah setiap tahunnya.

Andi Rahman mengatakan, dalam perencanaan pembangunan GOR Tanjungpinang tersebut, Kemenpora menginginkan gedung tersebut harus dimanfaatkan melalui strategi planing Pemerintah Daerah, dengan menciptkan atlet nasional maupun internasional dalam lima tahun kedepan.

“Jadi tidak hanya menbangun gedungnya tapi harus bisa memiliki staretegi planing bagaimana mengembangkan SDM khususnya dibidang olahraga seperti atletnya, pelatihnya,” ungkapnya.

Baca Juga : Pemerintah Bahas Masa Depan Pemuda Tanjungpinang Lintas Sektoral

Dia menyarankan, setelah menghasilkan SDM yang tangguh, kedepan pemerintah daerah dapat membangun gedung sentra pengembangan dan pelaksanaan kepemudaan.

Menurutnya, urusan kepemudaan bukan hanya menjadi tugas Dispora, akan tetapi juga menjadi urusan 22 Kementerian dan OPD lainnya. Sekretariat bersama menjadi jawaban urusan kepemudaan.

Upaya itu diutarakan mengingat Kota Tanjungpinang sudah mendapatkan predikat kota layak pemuda yang perlu diparesiasi dengan meningkatkan program-program kepemudaan yang ada di Dispora.

“Jadi sekretariat bersama ini untuk memecahkan permasalahan kepemudaan yang ada di Kota Tanjungpinang. Permasalahan kepemudaan itu bukan menjadi permasalahan Pemerintah Kota Tanjungpinang saja, tapi dari semua sektor juga ikut mendorong kemajuan pemuda,” ungkapnya.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Tanjungpinang, Djasman mengatakan, pemerintah Kota Tanjungpinang sudah menyediakan lahan seluas 2 hektar untuk pembangunan GOR, di Bukit Manuk, Tanjungpinang pada 2020 mendatang.

“GOR olahraga dibangun di Bukit Manuk, sekarang sudah siap dibangun, di 2020 pembangunannya, luasnya 2 hektar, dan itu sudah kita masukkan ke kementerian sudah kita terima,” ungkapnya.

Pewarta : Aji Anugraha
Editor : Ali Atan Sulaiman

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top