Pemerintah Bahas Masa Depan Pemuda Tanjungpinang Lintas Sektoral

Dispora Kota Tanjungpinang saat menggelar Fasilitasi dan Peningkatan Kooordinasi Bidang Kepemudaan Kota Tanjungpinang di Ruang Rapat Kantor Dispora Kota Tanjungpinang, Jl. Daeng Celak Gedung B Lt. 3-4, Senggarang, Rabu, (4/12/2019). (Foto : aji)

PIJARKEPRI.COM, Tanjungpinang – Dinas Kepemudaan dan Olahraga di Tanjungpinang, Kepulauan Riau tengah membahas masa depan pemuda di kota itu untuk masa yang akan datang.

Pembahasan tersebut dikemas dalam pertemuan Pemerintah Kota Tanjungpinang, Organisasi Kepemudaan, Komunitas, perwakilan OPD, Perusahaan telekomunikasi dan perwakilan Kementerian Pemuda dan Olahraga, di Ruang Rapat Kantor Dispora Kota Tanjungpinang, Jl. Daeng Celak Gedung B Lt. 3-4, Senggarang, Rabu, (4/12/2019).

Program bertemakan rencana pembangunan kepemudaan Fasilitasi dan Peningkatan Kooordinasi Bidang Kepemudaan Kota Tanjungpinang tersebut di buka secara langsung, Kepala Dispora Tanjungpinang, Djasman.

Djasman mengatakan, dalam pertemuan itu fasilitasi dengan koordinasi kepemudaan merupakan tanggungjawab semua pihak untuk mewujudkan kualitas dan masa depan pemuda di Tanjungpinang, Kepulauan Riau.

“Bagaimana kita membangun dan membuaat arah pembanguan kepemudaan dimasa yang akan datang, langkah-langkah prosesinya, salah satunya rapat lintas sektoral ini,” ungkap Djasman.

Baca Juga : Pusat Alokasi 15 Miliar Bangun GOR Tanjungpinang

Menurutnya, dalam pertemuan tersebut Dispora Tanjungpinang menginginkan semua sektor pengembangan dan pembangunan kepemudaan, semisal ekonomi sosial, budaya, ketahanan, kemananan, pendidikan dapat membantu terlaksananya program-program kepemudaan.

Salahsatu trobosan Dispora dalam pertemuan tersebut, akan merencanakan pembuatan sekretariat bersama yang di legalitaskan untuk mengurus segala bentuk program-program kepemudaan.

“Kita buat sekretariat bersama, semua isi ada disitu, nanti kita SK_kan, ada Pemuda, OKP, OPD ada BUMN. Sekretariat bersama ini untuk mengurus segala bentuk terkait dengan kepemudaan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, terkait sekretariat bersama kepemudaan tersebut, menunjukkan kalau saja tidak hanya Dispora yang bertanggung-jawab atas program dan kegiatan kepemudaan.

Djasman menjelaskan, setiap OPD di lingkup pemerintah Kota Tanjungpinang juga menyediakan porsi untuk mendukung setiap program kepemudaan. Salahsatu trobosan program Dispora melalui rencana aksi daerah mengenai kepemudaan.

“Kegiatan pemuda itu tidak hanya terkoordinasi di Dispora, tapi juga ada di dinas lainnya, jadi tidak harus disini, anggaran di dinas lain juga ada, dengan dorongan dari setiap OPD, maka akan terberdayanya pemuda,” ungkapnya.

Upaya yang tengah dilakukan Dispora untuk mengembangkan pemuda dan olehraga di Tanjungpinang dalam waktu dekat ini yakni, membangun GOR Olahraga di Bukit Manuk, pendataan kepemudaan, Ranperda Pembangunan Kepemudaan dan Sekretariat Bersama Kepemudaan.

Gagasan fasilitasi dan peningkatan kooordinasi Bidang Kepemudaan Kota Tanjungpinang tersebut disambut baik Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Plt. Kepala Bagian Evaluasi dan Penilaian Kinerja, Kemenpora, Dr. Andi Rahman M,Si mengapresiasi rencana aksi yang telah dilaksanakan Pemerintah Kota Tanjungpinang, dalam hal itu Dispora Kota Tanjungpinang melibatkan banyak pihak

“Rencana aksi ini sangat baik, saya sangat mengapresiasi, justru sudah dilaksanakan, dan ini langkah yang sangat kongkrit, dengan melibatkan stakeholder kepemudaan nya, dengan pemerintahanya dan kami sangat mendukung. Ini bisa menjadi contoh dalam perkembangan kepemudaan di kabupaten kota lain,” ungkapnya.

Plt. Kepala Bagian Evaluasi dan Penilaian Kinerja, Kemenpora, Dr. Andi Rahman M,Si saat menjelaskan rencana program Kemenpora 2020. (Foto: aji)

Dilain pihak, Komisi 1 DPRD Tanjungpinang, Hendi Amerta mengatakan soal kepemudaan yang tengah diperjuangkan para legislator tersebut yakni, Perda Kepemudaan Kota Tanjungpinang.

Ia mengatakan, Perda Kepemudaan sudah masuk dalam agenda Prolegda 2020. DPRD Tanjungpinang tengah memilah Perda mana saja yang diperlukan dan dibutuhkan masyarakat, dengan melihat batas keperluan dan kualitas Perda tersebut.

“Propemda daerah yang terpenting tidak menghambat legislasi daerah. Di 2020 kita sudah menerima Ranperda Kepemudaan, di tahun ini juga kita sudah merencanakan Perda CSR, dari CSR itu kita bisa mengakomodir Kepemudaan, teknis dan lainnya,” ungkapnya.

Menurutnya, diperlukan semangat dari pemuda di Tanjungpinang untuk dapat terus produktif, inovatif dan kreatif dengan dukungan tidak hanya berkutat pada satu OPD, namun di seluruh OPD di kota itu.

“Yakinlah para pemuda, walaupun perda belum terbentuk, di setiap OPD ada resapan anggaran untuk pemuda. Kami di DPRD tetap menganggarkan, tapi dengan Perda Kepemudaan akan lebih baik lagi,” tandasnya.

Pewarta : Aji Anugraha
Editor : Alashari

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top