DPRD Kepri Sepakat Sampaikan Tuntutan Mahasiswa ke Pusat

Ketua DPRD Kepri sementara Lis Darmansyah bersama mahasiswa yang tergabung dalam Forum Badan Eksekutif Mahasiswa Tanjungpinang Bintan menyepakati tuntututan mahasiswa ke Pusat, di Gedung DPRD Kepri, Dompak. (foto: ajianugraha)

PIJARKEPRI.COM – Ketua DPRD Kepri sementara Lis Darmansyah sepakat menyampaikan tuntuttan unjuk rasa mahasiswa yang tergabung dalam Forum Badan Eksekutif Mahasiswa Tanjungpinang Bintan ke pemerintah pusat, Presiden, Menteri Dalam Negeri, Kapolri dan DPR RI.

“Bahwa segala tuntutan dan aspirasi yang telah disampaikan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Tanjungpinang Bintan sebagaimana pada poin (3) akan kami tindak lanjuti dengan meneruskan kepada lembaga / institusi terkait,” ujar Lis Darmansyah dihadapan unjuk rasa mahasiswa, di Gedung DPRD Kepri, Dompak, Selasa (1/9/2019).

“Dalam hal ini, akan diteruskan kepada Menteri Dalam Negeri, KAPOLRI, DPR RI dan Bapak Presiden,” tambah Lis menyepakati dan di menandatangani dua lembar surat jawaban tuntuttan mahasiswa bersama perwakilan BEM dari berbebagai perguruan tinggi Tanjungpinang-Bintan.

Sebelumnya Forum Badan Eksekutif Mahasiswa Tanjungpinang Bintan menyampaikan aspirasi berupa meminta Presiden dan DPR RI untuk membatalkan Rancangan KUHP, RUU Pertanahan, RUU Pertambangan, Mineral dan Batu Bara, RUU Pemasyarakatan dan RUU Ketenagakerjaan.

Mahasiswa juga meminta Presiden dan DPR RI untuk mengevaluasi pemilihan Pimpinan KPK dan membatalkan Pimpinan KPK terpilih yang telah melanggar Kode Etik KPK saat menjabat sebagai Pimpinan KPK.

Mendesak dan meminta Presiden RI untuk mengeluarkan PERPU untuk pembatalan perubahan atas Undang Undang KPK yang telah disahkan.

“Mahasiswa mengutuk keras tindakan represif pada massa aksi dan meminta Kapolri, Jendral Tito Karnavian untuk mengambil sikap tegas terhadap seluruh tindakan
represif yang telah dilakukan terhadap mahasiswa dan masyarakat Indonesia,” ungkap Mahasiswa dalam tuntuttannya.

Menindaklanjuti pernyataan aspirasi Badan Eksekutif Mahasiswa Tanjungpinang Bintan tersebut, Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Riau sementara, Lis Darmansyah menyatakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), merupakan lembaga yang secara khusus dibentuk dalam rangka pemberantasan tindak pidana korupsi di Indonesia.

Lis menyatakan, DPRD Provinsi Kepulauan Riau dalam hal ini, sepakat mengecam segala bentuk dan upaya dalam melemahkan peran dan fungsi KPK dalam pemberantasan korupsi di Indonesia.

DPRD Provinsi Kepulauan Riau menyatakan, pada prinsipnya menerima segala bentuk penyampaian pendapat pernyataan, saran, masukan bahkan kritikan
yang tentunya bersifat positif, konstruktif, dan berguna bagi kelangsungan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sesuai amanat konstitusi yang berlaku di Republik Indonesia.

“Bahwa segala tuntutan dan aspirasi yang telah disampaikan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Tanjungpinang Bintan sebagaimana pada poin (3) akan kami tindak lanjuti dengan meneruskan kepada lembaga / institusi terkait. Dalam hal ini, akan diteruskan kepada Menteri Dalam Negeri, KAPOLRI, DPR RI dan Bapak Presiden,” ungkapnya.

Lis menyatakan, DPRD Provinsi Kepulauan Riau mendukung upaya Reformasi disemua lini kehidupan berbangsa dan bernegara, namun tetap berada pada batasan norma dan etika demokrasi serta ketentuan yang berlaku.

Dia, mewakili DPRD Kepri mengajak semua pihak untuk sama-sama mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal khususnya yang ada di Kepulauan Riau. Mengutamakan musyawarah mufakat, kesantunan dan etika dalam berpendapat serta semangat persatuan dan kesatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Demikian disampaikan untuk dapat dimaklumi, dan atas perhatiannya diucapkan terima kasih, Pimpinan Sementara Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kepulauan Riau, Ketua Sementara, H. Lis Darmansyah, SH ditandatangani,” ucap Lis.

Usai menyepakati tuntuttan mahasiswa perlahan membubarkan diri, dikawal ketat penjagaan personil Polres Tanjungpinang dan Polda Kepri.

Pewarta : Aji Anugraha
Editor : Alashari

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top