Kapal Roro Sembilang Terbakar, 10 Pekerja Luka Bakar

Petugas pemadam kebakaran Tim SAR Gabungan saat berupaya memadamkan api yang membakar KMP. Sembilang yang tengah perawatan di PT. Karimun Marin Shipyard, di kelurahan Parit Benut, Kecamatan Meral Barat, Karimun. (Foto: Basarnas TPI)

PIJARKEPRI.COM, Karimun – Kapal jenis roro KMP. Sembilang yang tengah perawatan di PT. Karimun Marine Shipyard, di kelurahan Parit Benut, Kecamatan Meral Barat, Karimun terbakar, Rabu 31 Juli 2019.

Humas Basarnas Tanjungpinang, Agung dalam siaran persnya, mengatakan Tim Gabungan SAR tengah menevakuasi korban kebakaran kapal roro KMP. Sembilang ke Rumah Sakit Bhakti Timah, Kelurahan Pamak, Kecamatan Tebing, Karimun.

“Dari kejadian tersebut, terdapat 10 Orang korban jiwa mengalami luka bakar yang dibawa ke RS. Bhakti Timah,” tulisnya.

Delapan unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api. Hampir 80 persen kondisi kapal hangus terbakar. Tim Gabungan SAR masih berupaya memadamkan api dan mengevakuasi korban.

Keterangan yang dihimpun Tim SAR Gabungan KMP Sembilang terbakar Rabu 31 Jili 2019 sekira pukul 09.35 WIB.

Kapal yang tengah docking di PT. Karimun Marine Shipyard (KMS) itu sedang dalam perbaikan Subcon PT. Niko indah perkasa (NIP) dan beberapa Subocon lain.

PT. NIP diketahui bekerja di KMP. Sembilang khusus sebagai Repair Kapal. Sekira pukul 09.35 Wib saat pekerja PT. NIP sedang melakukan Pemotongan materil besi di bagian Dek depan/haluan kapal dengan menggunakan Las Acetelin (tabung gas) untuk pemotongan materil jenis besi KMP. Sembilang.

Saat pemotongan, diduga percikan api dari Cuting (pemotongan) mengena jatuh ke gudang material jenis cat, tiner dan lainnya yang mengakibatkan terjadi ledakan dan kebakaran.

“Selanjutnya api menjalar ke seluruh bagian lantai 1, 2 dan 3 (anjungan),” ungkap Humas SAR Tanjungpinang, Agung.

Mobil pemadam kebakaran dari PMK Pemkab Karimun 3 unit, PT. MOS 1 unit, PT. Saepem 2 unit, dan Lori Warga 2 unit dikerahkan untuk memadamkan api.

Hingga pukul 12.30 Wib api dapat dipadamkan, namun asap kecil mashi keluar dari dalam badan kapal.

Dari pristiwa tersebut, terdapat 10 korban jiwa mengalami luka bakar yang dibawa ke Rumah Sakit. Bhakti Timah, Kelurahan Pamak, Kecamatan Tebing.

Berikut Identitas Korban yang dievakuasi di RS Bhakti Timah, Karimun ;

1) Mardanis, 30th, Welder Piping (Karyawan PT. KMS), Islam, Parit Lapis Kel. Parit Benut
2) Deri darmadi,
3) Surja
4) M. Nur
5) Rahman, 20th, Plonter (KMP. Sembilang), Islam, Dabo Singkep
6) Solikun, 30th, Oliman (Bagian Mesin KMP. Sembilang), Islam,
7) M. Arsyad
8) Agung
9) Saparudin, 50th, Bosun (bagian Dek KMP. Sembilang), Islam, Padang
10) Firman Yahya, 25th, Masinis II (KMP. Sembilang), Islam.

Jumlah korban meninggal dunia hingga saat ini masih nihil, meninggal dunia nihil, luka berat 10 orang dan luka ringan nihil.

ANG

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top