'

Perhimpunan Melayu Raya Bintan Resmi Ditabalkan

Pembina Utama Melayu Raya Brigjen Pol. Drs. H. Yan Fitri Halimansyah, M.H saat memberikan sambutan dalam penabalan pengurus Perhimpunan Melayu Raya Bintan, di Gedung Megat Seri Rama, LAM Bintan, Jumat (18/1/2019) malam. (f-ang)

PIJARKEPRI.COM, Bintan – Perhimpunan Melayu Raya (Hi-Malaya) di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau resmi ditabalkan sebagai salah satu perhimpunan masyarakat di kabupaten itu.

Penabalan penasehat, pembina, penanggungjawab dan pengurus Hi-Malaya Bintan dipimpin langsung Pembina Utama Melayu Raya, Drs. H. Yan Fitri Halimansyah, M.H, di Aula Gedung Megat Seri Rama, Lembaga Adat Melayu (LAM) Bintan, Jumat (18/1/2019) malam.

Prosesi penabalan berlangsung khidmat. Pembina Utama Melayu Raya Drs. H. Yan Fitri Halimansyah, M.H, Bupati Bintan Apri Sujadi, S.Sos, Ketua LAM, memberikan restu dan berkat adat melalui tepuk tepung tawar, sebagai tanda penabalan pengurus Hi-Malaya Bintan.

“Semoga Perhimpunan Melayu Raya Bintan dapat menjaga amanah yang sudah diberikan masyarakat, dapat menjalankan tugasnya sebagai pemersatu suku dan agama di Bintan, serta membantu menyelesaikan permasalahan ekonomi dan sosial di masyarakat,” kata Drs. H. Yan Fitri Halimansyah, M.H yang juga merupakan Wakapolda Kepri.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksanan Penabalan Hi-Malaya Bintan, Zondervan, SE dalam sambutannya mengutarakan, ungkapan rasa terimakasih atas dukungan seluruh pihak dalam menyukseskan Penabalan Perhimpunan Melayu Raya Bintan, dengan harapan Hi-Malaya dapat membantu kerja-kerja masyarakat Bintan di segala sektor.

“Semoga kedepan Melayu Raya, dapat menyatukan tekat masyarakat yang ada di Bintan, sampai kaum milenial dan yang luas untuk membangun Bintan, mendukung Pemkab Bintan, memnbangun budaya dan optomis dan bersatu padu untuk kejayaan negeri,” ungkapnya.

Baca Juga : Sekejap Memahami Melayu Raya

Dalam Penabalan Hi-Malaya Bintan pula, sejumlah tokoh adat, tokoh masyarakat, perhimpunan dan ikatan, FKUB, LAM dan beragam suku-suku di Bintan mengutarakan selamat atas penabalan Perhimpunan Melayu Raya Bintan. Ungkapan tersebut disampaikan dalam sebuah cuplikan video yang disajikan di khalayak ramai.

Sejumlah perwakilan para tokoh-tokoh masyarakat Bintan itu diantaranya Datok M. Saleh Ahmad (Ketua LAM Kabupaten Bintan), H. Indra Gunawan, S.Sos, M.Pd (Ketua Himpunan Keluarga Bawean Kab Bintan), Sumiyatin (Ketua Paguyuban 00Pasundan Bintan Timur).

Selain itu, Patrisius Boli Tobi (Sekretaris Keluarga Flores Prov Kepri), Ajitara (Tokoh Kerukunan Keluarga Sulawesi Tenggara), Mauliate Pakpahan (Wakil Ketua Paguyuban Batak Bintan), Tasriadi Tanjung (Ketua Ikatan Keluarga Minang Saiyo Bintan) dan H Syamsir, S (Pengurus FKUB Bintan) juga memberikan dukungan atas penabalan tersebut.

Proses penabalan diakhiri dengan acara Lelong (lelang,red), kegiatan ini merupakan tradisi dalam kebudayan melayu. Sejumlah benda-benda berharga, cincin, kapal layar terbuat dari tulang ikan, lukisan, tanjak, keris melayu, sampan layar dan miniatur cogan turut dilelang dalam Penabalan Hi-Malaya Bintan.

Sejumlah pengurus Hi-Malaya Tanjungpinang, Lingga, Batam, Karimun, Paguyuban, Ikatan Keluarga Masyarakat dan Himpunan serta unsur FKPD Provinsi dan Kabupaten Kota di Kepulauan Riau turut hadir dalam Penabalan Perhimpunan Melayu Raya Bintan.

ANG
Editor : Aji Anugraha

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top