Enny Nurbaningsih Jabat Hakim Konstitusi Periode 2018-2023

Prof. Dr. Enny Nurbaningsih, S.H., M.Hum saat membacakan sumpah dan janji sebagai Hakim Konstitusi periode 2018-2023 di hadapan Presiden Joko Widodo, di Istana Negara, Jakarta.

PIJARKEPRI.COM, Jakarta – Prof. Dr. Enny Nurbaningsih, S.H., M.Hum secara resmi menjabat sebagai Hakim Konstitusi periode 2018-2023.

Pengucapan sumpah Hakim Konstitusi dilakukan di hadapan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Senin (13/8) siang.

Enny Nurbaningsih diangkat berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 134/P Tahun 2018 tentang Pengangkatan Hakim Konstitusi.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memutuskan untuk memilih yang bersangkutan dari 3 nama yang diajukan oleh panitia seleksi (pansel) hakim Mahkamah Konstitusi (MK).

Selanjutnya, Enny Nurbaningsih akan langsung bertugas untuk menggantikan Prof. Dr. Maria Farida Indrati, S.H., M.Hum, selaku hakim MK perwakilan pemerintah yang masa jabatannya berakhir pada 13 Agustus 2018.

Enny Nurbaningsih memperoleh gelar doktornya di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada. Sebelum ini dirinya merupakan seorang Guru Besar Tata Negara UGM sekaligus Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Selepas prosesi pengucapan sumpah Hakim Konstitusi, Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla memberikan ucapan selamat kepada hakim MK yang baru saja diangkat itu untuk kemudian diikuti oleh tamu undangan yang hadir.

BMC

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top