Kapolres Lingga Kunjungi Museum Linggam Cahaya, Sumbang Koin Lama

Kapolres Lingga AKBP Joko Adi Nugroho menerima bingkisan cendera mata berupa buku tentang melayu saat kunjungannya ke Museum Linggam Cahaya. Kapolres juga menyumbang Koin Lama sebagai bentuk pelestarian sejarah. (Foto: aci/pijarkepri.com)

PIJARKEPRI.COM, Lingga – Kapolres Lingga AKBP Joko Adi Nugroho didampingi Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Lingga, Muhammad Ishak mengunjungi museum Linggam Cahaya di Daik, Lingga guna mengetahui lebih banyak tentang sejarah Melayu Riau Lingga.

“Bangsa yang besar adalah Bangsa yang mengenal sejarah”, itu adalah kalimat pertama kali diucapkan oleh Kapolres Lingga, AKBP Joko Adi Nugroho, saat berkunjung ke Museum Linggam Cahaya, Kamis (24/5/2018).

Kapolres Lingga tidak hanya mengunjungi ke Museum Linggam Cahaya, dalam kesempatan itu ia juga menyumbangkan sejumlah uang koin lama koleksinya, untuk disimpan di museum Linggam Cahaya. Katanya, hal itu bertujuan agar dapat ikut menyelamatkan dan melestarikan benda warisan budaya bangsa Indonesia, disimpan ditempat yang lebih layak.

“Kita ingin benda-benda warisan budaya bangsa ini tetap terjaga, sehingga museum ini kedepan semakin ramai dikunjungi karena semakin komplit,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Lingga, Muhammad Ishak, menerangkan sejarah singkat, tentang kerajaan Riau-Lingga dan Daik Lingga sebagai salah satu ibukota kerajaan kala itu dengan berdirinya situs Istana Damnah.

Kapolres Lingga juga diperkenalkan tentang sosok Sultan Mahmud Riayatsyah, yang merupakan salah satu Sultan Kerajaan Riau Lingga yang telah dinobatkan oleh pemerintah sebagai Pahlawan Nasional.

Ishak mengungkapkan, kunjungan dari masyarakat dan pejabat-pejabat penting yang baru berdinas di Kabupaten Lingga sangat baik untuk mempromosikan berbagai potensi yang dimiliki Museum Linggam cahaya, sehingga dengan begitu dapat mengenal lebih dekat tentang budaya melayu di Kabupaten Lingga.

“Mereka adalah orang-orang yang sering berdinas diberbagai tempat, sehingga kita berharap ini menjadi bagian promosi dan kami ucapkan terima kasih juga kepada Kapolres yang telah menyumbangkan bagian dari koleksinya ke museum Linggam Cahaya,” imbuh, M Ishak, yang juga menjabat sebagai ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Kabupaten Lingga.

Dalam melakukan kunjungan ke Museum Linggam Cahaya ini, Kapolres Lingga AKBP Joko Adi Nugroho, juga didampingi Kapolsek Daik Lingga IPTU Sugianto, dan Kapolsek Dabo Singkep IPTU Hanif, serta Personil Polsek Daik Lingga.

Sebelum berpisah, pihak Museum Linggam Cahaya memberikan bingkisan berupa beberapa buku yang berisi sejarah Kabupaten Lingga, serta mengucapkan rasa terima kasih kepada Kapolres Lingga dan rombongan atas kunjungan dan sumbangan sejarah yang telah diberikan.

ACI

Sunting : Aji Anugraha

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top