Natuna  

Wakil Bupati Natuna dan Warganya Gotong Royong Bersih Pantai

Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda saat memasukkan sampah kedalam karung. (Foto : Muhamad Nurman)
Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda saat memasukkan sampah kedalam karung. (Foto : Muhamad Nurman)

PIJARKEPRI.COM – Wakil Bupati Natuna, Kepulauan Riau (Kepri) Rodhial Huda bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan warga di daerah itu, melakukan aksi bersih Pantai, di Pantai Tanjung, Desa Tanjung, Kecamatan Bunguran Timur Laut, pada pagi Jumat (09/12).

Kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka bakti bumi yang rutin dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna bersama masyarakat.

Rodhial Huda mengatakan kegiatan tersebut dilakukan pemerintah secara rutin sejak awal tahun dan dilakukan setiap satu minggu sekali, tepatnya di hari Jumat pagi. Tujuan dari kegiatan adalah untuk menjaga kebersihan lingkungan agar tercipta lingkungan yang sehat.

“Ini gotong royong bakti bumi yang merupakan program pemerintah. Saya bersama Pak Bupati rutin keliling setiap minggu, Tapi kalau kami ada kesibukan mendesak, pejabat lain yang memimpin,” ucapnya di Pantai Tanjung, Kecamatan Bunguran Timur. Jumat (09/12).

Ia menambahkan tujuan lain dari gotong royong tersebut adalah untuk mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa lingkungan perlu dibersihkan, sebab sampah yang tidak ditanggulangi akan membuat lingkungan tercemar dan merusak lingkungan, yang pada akhirnya akan merugikan warga yang tinggal di wilayah itu.

“Sasaran utamanya sampah plastik karena sampah plastik tidak tidak mudah terurai,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Natuna, Ferizaldi menjelaskan Program Bakti Bumi memiliki tiga bagian meliputi, kegiatan biru laut yakni bersih pantai, kegiatan hijau bumi, penanaman pohon dan kegiatan biru langit, tidak membakar sampah sembarangan.

“Kegiatan laut biru seperti yang kita lakukan saat ini leading sektornya ada di Dinas Perikanan, Bumi Hijau Dinas PU dan langit biru berada di DLH. Tapi semua dinas terkait seperti pariwisata, DPMPD, Prindag, Ketahanan Pangan, Pendidikan, Kesehatan, Perkim dan lain sebgainya itu mesti terlibat dalam program ini,” jelasnya.

Feri berharap kegiatan yang dirancang oleh pemerintah Natuna itu bisa diterapkan mulai dari rumah tangga, sebab rumah tangga merupakan unit terpenting dalam menjaga kebersihan lingkungan.

“Harus bergerak mulai dari RT hingga RW,” pungkasnya.

Pewarta : Muhamad Nurman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *