Kepri  

Ansar Harap BLK Menjadikan SDM Berkualitas dan Profesional

Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad, saat meninjau langsung lokasi proyek pembangunan gedung Workshop BLK Karimun, di Desa Pamak, Tebing, Karimun, Rabu (12/10). (Foto: Humpro Kepri)
Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad, saat meninjau langsung lokasi proyek pembangunan gedung Workshop BLK Karimun, di Desa Pamak, Tebing, Karimun, Rabu (12/10). (Foto: Humpro Kepri)

PIJARKEPRI.COM – Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad mengharapkan Balai Latihan Kerja (BLK) dapat menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) di daerah itu berkualitas dan profesional

Hal itu disampaikan Ansar, usai meninjau langsung lokasi proyek pembangunan gedung Workshop BLK Karimun, di Desa Pamak, Tebing, Karimun, Rabu (12/10).

“Kita harapkan, hadirnya BLK ini bisa menjadikan SDM kita lebih berkualitas, dan profesional di bidangnya, sehingga lebih mudah mencari pekerjaan, atau bahkan mereka bisa mendirikan suatu usaha sendiri. Tentunya, kita juga akan fasilitasi kembali usaha-usaha anak daerah ke depannya,” ujar Gubernur Ansar.

Pemerintah Provinsi Kepri dibawah Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kepulauan Riau membangun gedung Workshop BLK Karimun yang bersumber dari dana APBD Provinsi Kepri tahun 2022 dengan serapan anggaran sebesar Rp7, 999 miliar yang pengerjaannya ditargetkan rampung di akhir tahun 2022 ini.

Rencananya Workshop BLK Karimun ini akan memiliki 22 kejuruan yang nantinya akan melatih keterampilan pra kerja masyarakat Kabupaten Karimun sebelum masuk ke dunia industri.

Nantinya, BLK Karimun menyediakan beberapa kejuruan, yakni meliputi Teknik Manufaktur, Teknik Las, Teknik Otomotif, Teknik Listrik, Teknik Elektronika, Bangunan, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Garment Apparel, Tata Kecantikan, Tata Busana, Pariwisata, Pertanian, Perikanan, Agribisnis, Desain Batik, Pengolahan Kulit, Pekerjaan Domestik, serta beberapa kejuruan lainnya.

Ansar berharap, dengan berbagai kejuruan yang tersedia di Workshop BLK Karimun, masyarakat Kabupaten Karimun akan memilih keterampilan yang profesional sehingga lebih mudah mencari pekerjaan hingga dapat mengembangkan suatu usaha nantinya.

“Gedung Workshop BLK merupakan tempat pendidikan dan pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) guna mengasah kemampuan dan keterampilan masyarakat, sehingga melahirkan tenaga kerja yang terampil dan profesional yang sesuai kebutuhan dunia industri,” kata Gubernur Ansar disela peninjauan.

Ansar meminta agar pihak-pihak yang terlibat dalam pelaksanaan proyek Workshop BLK tersebut lebih optimal dalam melaksanakan pembangunan, sehingga, sesuai harapan bisa selesai tepat waktu, dalam upaya percepatan pembangunan proyek tersebut.

“Kita inginkan proyek ini selesai tepat waktu, agar tahun depan BLK ini sudah dapat beroperasi dan dipergunakan oleh masyarakat Kabupaten Karimun. Untuk itu, maksimalkan pelaksanaan di lapangan guna mengejar target yang harus dicapai,” pungkas Gubernur Ansar.

Sementara itu, Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Kepulauan Riau Hendrija, menambahkan bahwa saat ini proses pembangunan BLK masih terus berjalan dan terus memaksimalkan pekerjaan agar sesuai dengan kondisi di lapangan.

“Untuk saat ini progres masih terus berjalan, sekarang tahap pekerjaan baru mencapai sekitar 11,16 persen. Pokoknya kita gesa terus, target selesai akhir tahun ini. Kita pantau terus progres di lapangan agar setiap ada kendala bisa segera kita cari solusinya. Dan itulah yang selalu diingatkan oleh Gubernur untuk proyek ini. Gubernur mau proyek ini selesai tepat waktu, berkualitas dan berfungsi sesuai peruntukannya,” tutup Hendrija.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *