Kepri  

Ansar Ahmad Belajar Pengelolaan Sirkuit F1 di Turki

Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad saat lawatannya, ke Sirkuit Intercity Istanbul Park, Turki, Selasa (18/10).
Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad saat lawatannya, ke Sirkuit Intercity Istanbul Park, Turki, Selasa (18/10).

PIJARKEPRI.COM – Gubernur Kepri Ansar Ahmad mempelajari pengelolaan sirkuit balap mobil F1 di Istanbul Turki dalam lawatannya beberapa hari di daerah itu.

Diskominfo Kepri menjelaskan, Gubernur Kepri Ansar Ahmad dipandu Konjen RI di Istanbul, Imam Asy’ari dan Asisten Deputi Pengembangan Daya Saing Investasi Ekonomi RI untuk, audiensi, menjajal sirkuit Istanbul Park, Selasa (18/10).

Ansar mempelajari sistem pengelolaan sirkuit dengan berbagai kombinasi event untuk mendongkrak jumlah wisatawan yang datang dan diakui Ansar cukup mengagumkan.

Dihadapan Vular, Gubernur Ansar memaparkan jika di Kepri, dalam waktu dekat juga akan membangun Bintan Green Circuit di kawasan pariwisata Lagoi, Bintan dengan luas area 120 hektar melalui konsep Environment Mangrove.

“Sirkuit ini didesain oleh Konsultan Porpulus yang memiliki 16 tikungan dengan dihiasi tumbuhan Mangrove disekitarnya. Investasi melalui kerjasama Ketua IMI dan PT Gallant Venture dengan partnership PT BRC ditandai penandatanganan MoU dalam membangun sirkuit ini dengan nilai investasi sekitar Rp1,2 triliun ” papar Gubernur Ansar.

Ansar menegaskan, sudah semestinya pemerintah harus selalu siap berinovasi dan mengembangkan serta mendukung penuh pembangunan sirkuit F1 Bintan. Tak kalah pentingnya, kerja sama kepada semua pihak dalam penyediaan sarana prasarana pendukung seperti hotel, transportasi, restoran, dan ruang kuliner.

“Yang terpenting dukungan masyarakat dalam menciptakan mindset bahwa Kepri harus dapat maju dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi sesuai visi mewujudkan Kepri yang maju, berdaya saing dan berbudaya,” katanya.

Sementara itu, Chairman Intercity Istanbul Park Mr. Vular Ak mengatakan bahwa sirkuit ini dibangun sejak tahun 2005 dengan desain sirkuit modern yang dibangun oleh Hermann Tilke dengan panjang 5.338 meter. Memiliki 14 tikungan, serta sirkuit ini juga mampu menampung 155 ribu jumlah penonton.

“Selain pergelaran F1 sirkuit ini juga memiliki 24 event dalam satu tahun karena kita tidak bisa hanya berharap dari F1, harus dikombinasi dengan model bisnis lainnya agar sirkuit tetap dapat terus ramai,” paparnya.

Vular kemudian mengatakan area Intercity Istanbul Park dikelola oleh 10 perusahan dan satu perusahan yang khusus mengelola pergelaran F1. Menurutnya semua harus terintegrasi dengan semua aktivitas sirkuit seperti pameran dan atraksi otomotif serta event perlombaan lainya” ungkap Vular.

Vular menambahkan Pergelaran F1 di Turki dapat mendatangkan lebih kurang 330 ribu wisatawan pada setiap event. Kementerian Pariwisata Turki pun mencatat kunjungan wisatawan selama perhelatan bisa tinggal selama 3-5 hari. Hingga kunjungan wisatawan di Turki dalam 1 tahun dapat mencapai 40 juta wisatawan.

Gubernur Ansar sembari menyerahkan promosi Pariwisata Kepri mengajak Vular untuk berkunjung ke Kepri melihat rencana pembangunan Sirkut F1 Bintan.

“Dan nantinya dapat membantu memberi masukan saran dan mendukung penyiapan dukungan investasi di Sirkuit F1 bintan” ujar Gubernur.

Vular yang pada kesempatan itu bicara dengan GGM Bintan Resort Abdul Wahab melalui panggilan video kembali berpesan membuat sirkuit membutuhkan kerja sama banyak pihak.

“Harus bisa semua bekerjasama karena mengadakan perlombaan internasionalnya seperti ini membutuhkan kerjasama pemerintah swasta dan masyarakat,” pesannya.

Diakhir pertemuan Gubernur Ansar diajak berkeliling meninjau sirkuit F1 Istanbul Park, dimana Gubernur Ansar mengitari sirkuit kebanggaan masyarakat Turki ini.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *