Masyarakat Anambas Taat Protokol Kesehatan Covid-19

Petugas kesehatan saat mendata penumpang setibanya di Pelabuhan Daerah Tarempa, Kepulauan Anambas, Kepri,Rabu (11/11/2020). (Foto: pijarkepri.com /AjiAnugraha)

PIJARKEPRI.COM – Masyarakat di Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau terbilang taat menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Corona Virus Desese 2019 (Covid-19).

Berdasarkan pantauan pijarkepri.com, Kamis (12/11/2020), penduduk di hampir seluruh fasilitas umum daerah kepulauan itu mengenakan masker saat beraktivitas.

Pengawasan kedatangan penumpang di Tarempa, Anambas juga ketat. Petugas mensterilkan para penumpang terlebih dahulu sebelum tiba di dermaga. Mereka yang datang dari berbagai daerah wajib membawa hasil Rapid Test untuk didata terlebih dahulu.

Kemudian, penumpang yang datang dikumpulkan dalam suatu tempat untuk diberikan imbauan Protokol Kesehatan Covid-19 untuk menjalankan aktivitas di daerah itu.

Anggota Satgas Covid-19 Provinsi Kepulauan Riau, Nikolas Panama, di hubungi, Rabu (11/11/2020), mengatakan, penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 di Kepulauan Anambas dapat dijadikan contoh untuk daerah kepulauan.

Menurutnya, masyarakat anambas disiplin dalam menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19 di masa adaptasi kebiasaan baru ‘New Normal’. Kerjasama antara pemerintah dan masyarakat setempat menekan kasus baru Covid-19 juga terbilang cekat.

“Masyarakat Anambas sudah menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan baik. Mereka taat mengenakan masker saat beraktivitas, mencuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak,” kata Niko.

Riki, seorang warga di Kabupaten Kepulauan Anambas mengaku tak merasa resah menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 dalam menjalankan aktivitas sehari-hari di daerah itu.

Dia mengatakan, penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 diharuskan untuk keberlangsungan adaptasi kebiasaan baru.

“Kami diharuskan menggunakan masker, jaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun dalam kegiatan sehari-hari. Itu sangat diharuskan saat ini, demi keberlangsungan kehidupan,” ujarnya.

Berdasarkan perkembangan infografis penyebaran Covid-19 yang kami terima dari Satgas Covid-19 Kepulauan Riau, hingga Rabu (11/11/2020) terdata sebanyak 4.452 terpapar Covid-19 dengan total konfirmasi se-Provinsi Kepulauan, 942 orang terkonfirmas kasus aktif, 3.390 sembuh dan 120 orang meninggal dunia.

Kemudian juga terdapat penambahan 75 kasus baru Covid-19, yakni 31 orang di Kota Batam, 17 orang di Kota Tanjungpinang, 1 orang di Kabupaten Bintan, 13 orang di Kabupaten Karimun, 1 orang di Kabupaten Lingga, 9 orang di Kabupaten Natuna dan 3 orang di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Pemerintah mengimbau kepada semua untuk meningkatkan kesadaran diri untuk selalu disiplin dalam menerapkan Protokol Kesehatan setiap harinya (gunakan masker, cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, jaga jarak dan jangan lupa untuk tetap beribadah menurut agama dan kepercayaannya masing-masing agar kita senantiasa diberikan kesehatan dan diLindungi oleh Tuhan Yang Maha Esa).

Pewarta : Dian Pramana
Editor : Aji Anugraha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *