Imam Masjid Dompak Tempat UAS Akan Gelar Tablig Akbar Positif Covid-19

Masjid Raya Nur Ilahi Dompak, Tanjungpinang, Kepulauan Riau. Masjid ini akan dijadikan tempat Tablig Akbar Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, malam ini, Minggu (20/9/2020). Imam masjid ini terpapar Covid-19. (Foto: doc.pijarkepri.com)
Masjid Raya Nur Ilahi Dompak, Tanjungpinang, Kepulauan Riau. Masjid ini akan dijadikan tempat Tablig Akbar Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, malam ini, Minggu (20/9/2020). Imam masjid ini terpapar Covid-19. (Foto: doc.pijarkepri.com)

PIJARKEPRI.COM – Imam masjid Raya Nur Ilahi di Kelurahan Dompak, Kecamatan Bukit Bestari, Tanjungpinang, Kepulauan Riau dinyatakan positif Corona Virus Desese 2019 (Covid-19) berdasarkan hasil tes swab, kata sumber internal Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kepri.

“Imam masjid raya dompak positif Covid-19, inisial Tuan S. Malam ini masjid tersebut akan digelar tablig Akbar, mereka yang kontak langsung dengan Tn S belum melakukan isolasi mandiri, banyak orang-orang yang tidak tahu,” tambahnya, menghubungi pijarkepri.com, di Tanjungpinang, Minggu (20/9/2020).

Baca Berita Terkait (Bantahan) : Gugus Tugas Covid-19 Kepri Bantah Masjid Dompak Tidak Steril

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kepri masih melakukan pelacakan (tracking) orang-orang yang berhubungan erat dengan tuan S. Mereka tak dapat memastikan kondisi masjid tersebut bersih dari Covid-19 dan siap melaksanakan kegiatan yang mengumpulkan orang banyak.

Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau menjadwalkan pelaksanaan Tablig Akbar di masjid Raya Nur Ilahi, Dompak pada malam ini, Minggu (20/9/2020). Tablig akbar itu dihadiri ustaz kondang Abdul Somad atau dikenal dengan sebutan UAS.

Masjid Raya Nur Ilahi dipastikan akan dipati masyarakat di Kepulauan Riau. Namun, hingga saat ini masjid tersebut belum diseterilkan. Untuk mensterilkan lokasi tepat terdapat konfirmasi positif Covid-19 baru diharuskan dikosongkan selama 3 hari, sesuai Protokol Kesehatan Covid-19.

Sumber internal Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, di Kepri mengatakan seharusnya masjid Raya Nur Ilahi tempat digelarnya UAS harus diseterilkan dan seharusnya orang yang dekat dengan S harusnya diisolasi mandiri.

Ia mengatakan, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau perlu belajar dari kejadian penyebaran kluster baru Covid-19 dari kasus acara seremonial usai pelantikan Gubernur Kepri Isdianto belum lama ini.

“Terlalu berisiko kalau mengadakan acara di tempat itu. Kasian juga Ustaz Abdul Somad dan orang-orang yang tidak tau apa-apa. Kita dapat belajar dari pengalaman Gubernur Kepri dan hingga akhirnya orang-orang yang gak tau apa-apa tertular Covid-19,” ungkapnya.

Menurut sumber internal Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kepri tersebut, seharusnya Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau menghindari kegiatan-kegiatan yang berhubungan langsung dengan mengumpulkan orang, dengan mengedepankan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19, di Kepri, bukan malah sebaliknya.

“Disatu sisi kita ingin menerapkan penegakan protokol kesehatan, tapi disisi lain malah kita yang memberikan fasilitas, menabrak protokol kesehatan itu. Jangan karena motif tertentu, orang-orang yang gak tau apa-apa jadi terimbas,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, berdasarkan peristiwa yang terjadi dari penyebaran kasus positif Covid-19 di tempat-tempat pelayanan masyarakat, seperti RSAL, RSUD Radja Ahmad Tabib Kepri, tempat pelayanan tersebut diseterilkan terlebih dahulu selama 3 hari, kemudian dapat beraktivitas kembali.

Ia menilai, kondisi terkini mengenai pelaksanaan Tablig Akbar di Masjid Nur Ilahi Dompak tersebut harus dijelaskan kepada masyarakat, sehingga tidak menimbulkan ketakutan masyarakat untuk pergi ketempat ibadah.

“Kasian orang-orang yang gak tau apa- apa tertular. Jadi’kan banyak orang gak tau, seharusnya tempat itu diseterilkan, ini masjid tempat ibadah, jangan gara-gara itu menimbulkan traumatik masyarakat untuk beribadah,” ungkapnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, Zulkifli membenarkan bahwa Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau akan menggelar Tablig Akbar di Masjid Nur Ilahi Dompak, Tanjungpinang, pada Minggu, (20/9/2020) malam ini.

Ia mengatakan kehadiran UAS dalam agenda Tablig Akbar tersebut disesuaikan dengan jadwal UAS sendiri.

“Jadwalnya memang datang kesini, karena bersaaman dengan kegiatan Tablig Akbar. Iya, acara nanti malam,” ujarnya.

Dia mengaku tidak mengetahui kalau Imam Masjid Nur Ilahi Dompak Tanjungpinang dinyatakan Gugus Tugas Covid-19 positif Covid-19 melalui hasil tes swab.

“Kalau imam Masjid nya saya belum ada dengar, itu kan disemprot nanti, ya pasti akan disterilkan,” katanya. ***

Pewarta : Aji Anugraha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *