Apri Cek Kesiapan BIE Sambut New Normal

Bupati Bintan, Apri saat mengecek kesiapan BIE menyambut New Normal.
Bupati Bintan, Apri saat mengecek kesiapan BIE menyambut New Normal.

PIJARKEPRI.COM – Bintan Industrial Estate (BIE), kawasan industri terbesar di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau siap menerapkan penyesuaian pola kenormalan baru (new normal) dalam waktu dekat. 

Hal itu dikatakan Bupati Bintan, Apri Sujadi saat mengecek kesungguhan dan kesiapan seluruh perusahaan yang berada di Kawasan BIE, kemarin.

Apri juga mengakui BIE sampai saat ini masih termasuk dalam zona hijau sehingga dapat menjadi pionir percontohan tingkat nasional dalam penerapan new normal di sektor kawasan industri.

“Seluruh perusahaan disini sudah mengikutu aturan protokol kesehatan. Kemudian juga telah menyediakan fasilitas penunjang di setiap titik keramaian. Sehingga dapat mencegah penyebaran Covid-19,” katanya.

Pemerintah saat ini sedang melakukan persiapan untuk menjalankan prosedur new normal khususnya di wilayah yang menunjukkan penurunan pertumbuhan reproduksi virus (basic reproduction number).

Khusus di Bintan belum dapat diterapkan di seluruh kawasan melainkan hanya Kawasan BIE Lobam. Lalu Kawasan Pariwisata Lagoi dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Galang Batang.

BIE sudah menyanggupi segala aturan dalam memberlakukan fase new normal itu. Bahkan mereka sudah menyatakan kesanggupan itu dengan membuat pernyataan secara tertulis,” jelasnya.

Sementara itu, General Manager (GM) PT Bintan Inti Industrial Estate (BIIE), Aditya Laksamana mengatakan Pemkab dan DPRD Bintan telah melihat dan menyaksikan secara langsung segala fasilitas pendukung yang disiapkan di BIE untuk menerapkan new normal.

“Pak Bupati Bintan sudah melakukan pengecekan langsung ke BIE. Beliau langsung melihat dan menyaksikan kesungguhan dan kesiapan kita dalam menerapkan new normal di kawasan industri ini,” katanya.

Prosedur new normal memang harus diterapkan untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing industri pada jangka panjang di masa pandemi covid-19. Untuk itu PT BIIE selalu mencermati dan berhati-hati melakukan persiapan memasuki fase new normal tersebut.

PT BIIE juga sangat mendukung kebijakan pemerintah dengan menjalankan protokol kesehatan sejak dini. Bahkan perusahaan ini telah melakukan sosialisasi ke tenant-tenat hingga menerapkan Izin Operasional dan Mobilitas Kegiatan Industri (IOMKI).

“Itu kita lakukan untuk menjaga agar Kawasan BIE tetap aman dari transmisi Covid-19,” ungkapnya.

(ANG)

Pos terkait