Tagana Ajar Kesiapsiagaan Siswa Menghadapi Bencana

Sejumlah personil Tagana Tanjungpinang saat memberikan pemahaman mengenai kesiapsiagaan bencana di SMP Negeri 16 Kota Tanjungpinang, Kamis (12/3). (Foto: ang)

PIJARKEPRI.COM, Tanjungpinang – Sejumlah personil Taruna Siaga Bencana (Tagana) di Tanjungpinang, Kepulauan Riau mengajarkan kesiapsiagaan para siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP) di kota itu menghadapi bencana.

Kegiatan itu merupakan rangkaian program antara Kementerian Sosial dan Kementerian Pendidikan dalam upaya mitigasi bencana yang dikemas dengan sebutan “Tagana Masuk Sekolah”.

Sekolah pertama yang mendapatkan pelatihan mitigasi bencana oleh Tagana Tanjungpinang yakni, SMP Negeri 16 Kota Tanjungpinang, Kamis (12/3).

Kasi perlindungan Korban Bencana Alam dan Sosial sekaligus ketua pelaksana kegiatan Tagana Masuk Sekolah (TMS), Rheiga Muharanis mengutarakan, target dilaksanakan TMS tersebut adalah upaya edukasi kepada peserta didik terkait kesiapsiagaan menghadapi bencana.

“Paling tidak mereka berani bertindak untuk menyelamatkan diri sendri dan melakukan evakuasi sederhana apabila terjadi bencana”, sebutnya.

Dia menambahkan dalam waktu dekat Tagana juga akan membentuk Satuan Tugas (Satgas) ”Masyarakat Relawan Bencana” (MAREWA) yang akan dibentuk di setiap kecamatan di kota itu.

Rheiga mengatakan, nantinya, anggota Satgas MAREWA terdiri dari unsur sosial yang ada di masyarakat, diantaranya Tagana, Tenaga Pelopor Perdamaian, Karang Taruna, Forum Rt Rw, Tokoh Masyarakat, PKK.

“Serta unsur-unsur lainnya yang akan dibekali dengan edukasi penanggulanagan bencana,” ujarnya.

Lanjutnya, Marewa nantinya akan diberdayakan secara langsung dalam membantu tugas Dinas Sosial khusunya dalam penanggulangan bencana baik pada saat pra bencana,saat bencana maupun pasca bencana.

“Kegiatan Tagana Masuk Sekolah ini juga menjadi salah satu kegiatan yg akan di ikuti olah Satgas Marewa nantinya,” ujarnya.

Sementara Ketua Tagana Kota Tanjungpinang Hamdan mengajak seluruh elemen yg peduli kebencanaan yg ada untuk dapat bahu membahu mengatasi masalah kebencanaan yg mungkin terjadi.

Pewarta : Aji Anugraha
Editor : Alashari

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top