Sudah Saatnya Adnan Mewakili Masyarakat

H. Adnan S.Sos, Calon Anggota Legislatif Kota Tanjungpinang Partai PDI Perjuangan Dapil I Tanjungpinang Barat-Kota, Nomor 6. (f-pijarkepriart)

NAMA H. Adnan S.Sos (61) sering disebut-sebut oleh Sujito (64), Sujono (56), H. Muslimin (60) Rustam (62) Rajim (58) di Jalan Cempedak Gang.II No. 6 RT.002 RW.002 Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Tanjungpinang Barat, Tanjungpinang.

Baleho bergambar wajahnya yang tak asing di lihat di Pemerintahan Kota Tanjungpinang, saat ini mulai menyebutkan ajakan demokrasi. Ya, “Coblos nomor 6 (enam) Dapil I Tanjungpinang Barat-Kota, Adnan”, begitu tulisan di baleho itu.

“Sudah saatnya Adnan mewakili masyarakat ya,” sontak Rustam (62) bergumam di persimpangan jalan itu sembari berbincang dengan Jito bersama media ini, mendengarkan Adnan tengah sosialisasi Pemilu 2019.

Adnan adalah seorang pria kelahiran Tarempa, 22 Maret 1958, merupakan bagian dari penduduk Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Tanjungpinang Barat, Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau.

Suami dari Hj.Yuslaini, S.Sos (52) ini merupakan ayah dari Adyapratama dan Debby Nadya Fionika. Adnan bermukim di rumah sederhana.

Tepat pada 1 April 2018, Adnan menyelesaikan tugasnya sebagai pelayan masyarakat, memimpin sebuah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Kota Tanjungpinang.

Sejumlah rekam jejak Adanan mengabdi pada Negara sudah tak diragukan lagi. Adnan pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum kota Tanjungpinang, Adnan juga dipercaya untuk mengapalai Asisten Administrasi Umum Pemko Tanjungpinang.

Karirnya terus gemilang. Masih melayani masyarakat, Adnan kembali dipercaya Kepala Daerah di kota itu sebagai perangkat daerah yang berhubungan langsung dengan kelompok, organisasi, perhimpunan di masyarakat, yakni Kepala Kesbangpolinmas Kota Tanjungpinang.

Karirnya berlanjut di Dinas Kelautan Perikanan Pertanian Kehutanan dan Energi Kota Tanjungpinang, hingga pada akhirnya dia dipercaya sebagai Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Kota Tanjungpinang pada kepemimpinan Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang Syahrul.

Adnan menempuh pendidikan Sekolah Dasar Negeri, di Kepulauan Anambas tepatnya di SDN 1 Tarempa 1966-1972, dia kemudian melanjutkan pendidik pertamanya di SMPN 2 Tanjungpinang 1972-1974.

Setelah lulus SMP, Adnan melanjutkan pendidikan menengah atas di SMAN 1 Pekanbaru 1975-1977, kesempatan pertama untuk mendapatkan pendidikan hingga ke perguruan tinggi tak dilewatkan Adnan, dia kemudian melanjutkan pendidikan di STISIPOL Raja Haji Tanjungpinang 2005-2009.

Adnan menyukai olahraga tenis lapangan. Segudang penghargaan dari kejuaraan dari olahraga ini berderet dikediamanya. Adnan pernah meraih Juara 1 Walikota Cup Tanjungpinang cabang Tenis Lapangan Tahun 2005, Juara 1 Beregu ADPEL Cup Tahun 2009, Juara 2 Auri Cup Cabang Tenis Lapangan Tahun 2016 dan Juara 3 Auri Cup Cabang Tenis Lapangan Tahun 2017.

Bahkan Adnan pernah mengharumkan nama Indonesia di negara tetangga, dengan meraih Juara 1 Kejuaraan Tenis Lapangan Hari Kebangsaan Singapore pada Tahun 2006.

Perestasi gemilang Adnan di olahraga tenis lapangan mendapatkan dia untuk dipercaya memimpin kelompok olahraga itu. Adnan dipercaya sebagai Ketua Harian Persatuan Lawn Tenis Indonesia (PELTI) Kota Tanjungpinang 2002-2006 dan Sekretaris Pengurus Daerah PELTI Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2006-2009.

Hingga saat ini Adnan mendapatkan kepercayaan dari seluruh kelompok olahraga di Kota Tanjungpinang sebagai Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Tanjungpinang sejak 2015 hingga saat ini.

Maju Pilleg 2019 Dapil I Tanjungpinang Barat-Kota

Tepat 1 April 2018, Adnan mengakhiri karirnya di pemerintahan, sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). Akan tetapi tidak akhir dari pengabdiannya untuk Negeri, terutama masyarakat di Kota Tanjungpinang.

Adnan terpanggil untuk terus mengabdi pada negeri, pada masyarakat, pada negara dan akhirnya dia bergabung di partai politik, tepatnya di partai PDI Perjuangan Kota Tanjungpinang.

Selama menjadi ASN di Tanjungpinang Adnan ditempatkan pada Dinas/Badan yang berhubungan langsung dengan masyarakat. Beragam persoalan di masyarakat tergambar jelas olehnya.

Persoalan masyarakat dapat terselesaikan jika para wakil rakyat yang mewakili di suatu wilayah, penduduk dapat memperjuangkan hak-hak negara bersama Pemerintah Daerah maupun Pusat sebagai pelaksana penyelesaian permasalahan itu.

Baginya, mewakili masyarakat di gedung wakil rakyat merupakan tugas dari sebuah kepercayaan yang ditempatkan masyarakat kepadanya, agar hak-hak masyarakat dalam kehidupan bernegara dapat terwujudkan

“Pada saat sudah memasuki masa pensiun saya merasa masih banyak yang harus saya perbuat untuk masyarakat,” ungkapnya.

Selagi menjabat sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Tanjungpinang 2010, Adnan mendapatkan kesempatan pertama membantu masyarakat. Dia dapat menyalurkan bantuan langsung Negara untuk masyarakat yakni, penduduk yang memiliki rumah tidak layak huni.

“Program pemerintah, rehabilitasi rumah tidak layak huni untuk masyarakat tidak mampu berjalan dengan baik,” ujarnya.

Menurutnya, masih banyak pekerjaan rumah Pemerintah setempat yang harus dibantu untuk diselesaikan, ini agar hubungan antara pemerintah dan masyarakat dapat berjalan dengan baik dalam sistem melayani.

Permasalahan yang tengah dihadapi masyarakat tak lain adalah fasilitas umum yang disediakan negara melalui pemerintah. Semisal, jalan yang kurang layak, drainase yang rusak serta drainase yang belum ada, minimnya penerangan lampu jalan, kurangnya air bersih, perbaikan pelantar serta pembangunan pelantar yang belum ada.

Adnan mengutarakan, mengapa permasalahan itu perlu diselesaikan, soal perbaikan jalan yang perlu disegerakan dibenahi, menurutnya agar masyarakat nyaman ketika hendak pergi atau pulang kerumah ketika mengetahui jalan yang dilaluinya sudah baik.

Selain itu, seperti persoalan minimnya pembenahan saluran drainase untuk daerah yang terkena banjir/genangan, upaya cepat mengatasinya agar masyarakat dapat merasa nyaman ketika mengetahui bahwa lingkungan sekitar atau bahkan rumahnya sudah tidak banjir/tergenang lagi.

Begitu juga dengan minimnya penerangan jalan di daerah itu hingga rawannya kondisi pelantar masyarakat pesisir di Barat-Kota Tanjungpinang, perlu cepat disampaikan, dibahas, dan diselesaikan persolan itu.

“Agar masyarakat merasa aman lingkungan tempat tinggalnya sudah memiliki lampu jalan. Dengan adanya perbaikan atau pembangunan pelantar masyarakat pesisir mudah untuk melakukan aktivitas sehari- harinya,” ungkapnya.

Menampung aspirasi serta keluhan-keluhan masyarakat tentang permasalahan yang terjadi, perantara antara masyarakat dengan pemerintah agar masalah-masalah yang terjadi segera ditangani menjadi alasan Adnan untuk maju sebagai Calon Wakil Rakyat.

“Tentu saja dengan asas prioritas.
Melakukan pengawasan terhadap kebijakan pemerintah agar tidak merugikan masyarakat banyak,” ungkapnya.

Bagi Adnan menempatkan hati pada Partai PDI Perjuangan adalah bentuk perjuangan politik untuk menyampaikan aspirasi masyarakat di Parlemen Senggarang. Ajakan itu pula dilengkapi dengan sosok Lis Darmansyah.

Di mata Adnan, Lis Darmansyah adalah sosok pekerja keras, tegas, memiliki disiplin yang tinggi, memiliki wawasan yang luas serta sosok yang ramah terhadap siapa saja yang ditunjukkan dengan murah senyum terhadap siapa saja yang bertatapan dengannya.

Saat ini Adnan merupakan Calon Legislatif DPRD Kota Tanjungpinang Nomor 6, Dapil 1 Kecamatan Tanjungpinang Barat-Kota dari partai PDI Perjuangan nomor 3. Adnan berharap masyarakat dapat mempercayakan aspirasi kepadanya.

Penulis : Aji Anugraha

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *