Suara Optimis Banteng Moncong Putih Menang Pemilu 2019 di Kota Gurindam

Kampanye Akbar PDI Perjuangan di Kota Tanjungpinang, Kamis 11 April 2019. (f-ajianugraha)

GEMURUH suara tabuh genderang perkusi pengisi suara Roy Jeconiah menggelegar di lapangan Pamedan, Jalan Ahmad Yani, Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Kamis (11/4/2019).

Saut-sautan bait-bait syair lagu group band Boomerang itu menggeserkan kaki juru parkir, pedagang asongan, kuliner, melangkah, merapat ke pelataran panggung kampanye akbar PDI Perjuangan Kota Tanjungpinang.

Serentak lagu Boomerang berjudul Pelangi itu sontak berubah bait menjadi “Jokowi di seberang kencana aku berdiri“, sebut Roy, menarik perhatian masyarakat Tanjungpinang ke depan panggung.

Secercah air pemberian Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT tak menyurutkan masyarakat di kota gurindam menghadiri kampanye terbuka partai berlambang moncong putih itu. Berduyun-duyun warga dari pemukiman penduduk berkumpul disana.

“Satukan kembali semangat kebersamaan dan gotong royong sebagai jatidiri partai dalam menyongsong kemenangan Pemilu dan Pilpres 2019,” begitu Asep Nana Suryana menyebut judul besar agenda PDI Perjuangan Tanjungpinang itu.

PDI Perjuangan meyakini kemenangan Pemilu serentak Presiden dan Wakil Presiden serta pemilihan calon legislatif di tingkat daerah mau pun pusat pada Pemilu 2019 kembali direbut. Mengulang kembali kejayaan PDI Perjuangan pada Pemilu 2009.

“Saudara-saudaraku semua, mari kita rebut kembali kemenangan PDI Perjuangan, kemenangan Jokowi-Ma’ruf orang baik di Pemilu tahun ini. Kita tunjukkan kalau PDI Perjuangan tidak tenggelam di Tanjungpinang,” sebut Sekretaris DPD PDI Perjuangan Kepri, Lis Darmansyah dalam orasinya.

Fakta kemenangan PDI Perjuangan tergambar dalam pristiwa kampanye terbuka dan rapat umum PDI Perjuangan itu melalui sebuah pertanyaan, siapa dan berapa banyak yang hadir dalam kampanye akbar itu. Tercatat 5000 orang berkumpul di Ahmad Yani.

Deretan para pelestari kesenian dan kebudayaan melayu, batak, jawa, sunda, tionghoa dan beragam lainnya kembali menunjukkan semangat perjuangan seni budaya masing-masing, mulai dari pertunjukan silat, barongsai, reog, kuda lumping, menghibur seluruh masyarakat Tanjungpinang yang beranekaragam suku dan budaya.

Gambaran itu menunjukkan kalau sejadi-jadinya PDI Perjuangan merupakan partai nasionalis demokratis, menggambarkan kalau partai banteng moncong putih berperan penting dalam menyatukan perbedaan pandangan, suku, ras dan agama di Indonesia, terkhusus Kota Tanjungpinang.

Lis Darmansyah kembali mengambil perannya dalam kesempatan itu. Membakar semangat masyarakat yang hadir lewat orasinya yang mengujarkan kalimat “optimis Indonesia maju” sebutnya, serupa yang disampaikan Calon Presiden Nomor 01, Jokowi disetiap kesempatan kampanye.

Lis optimis Jokowi-Ma’ruf mendapatkan tempat dihati masyarakat Kota Tanjungpinang melalui apa yang sudah diperjuangkan Negara untuk kesejahteraan masyarakat seluruh Indonesia hingga saat ini.

Dimulai dari program Kartu Indonesi Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Indonesia Sejahtera (KIS) yang sudah membumi di seantero tanah air ini, Indonesia. Tidak sampai disitu saja, masih ada yang terbarukan dari Jokowi-Ma’ruf untuk masyarakat Indonesia yakni, Kartu Pra Kerja dan Kartu Sembako Murah.

“Ini semua untuk masyarakat Indonesia, untuk kita, untuk bapak ibu sekalian. Jadi jangan percaya dengan berita bohong kalau Jokowi terpilih lagi masyarakat akan sengsara, jangan percaya bapak ibu. Bapak ibu adalah orang-orang cerdas, masyarakat Tanjungpinang sekarang sudah pintar, tau mana yang hanya janji dan benar-benar dilaksanakan,” sebutnya.

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Kepri, Lis Darmansyah saat orasi politik di depan kader PDI Perjuangan Tanjungpinang dan masyarakat, saat kampanye akbar PDI Perjuangan Tanjungpinang, di Lapangan Pamedan , Kamis (11/4/2019). (f-Aji Anugraha/pijarkepri.com)

Riuh gemuruh tepuk tangan dan acungan jempol pertanda dukungan ke Jokowi-Ma’ruf begitu tergambar setelah mendengar orasi Lis untuk Jokowi-Ma’ruf.

Semangat ini kembali bergelora ketika Lis menampilkan gambaran profil para Calon Legislatif yang akan bertarung di tingkat pusat, daerah Provinsi, Kabupaten Kota dan kecamatan dari Daerah Pemilihan (Dapil) Tanjungpinang, Kepulauan Riau.

Para petarung banteng moncong putih, Partai Politik nomor 3 (tiga) itu dihadapkan ribuan masyarakat yang hadir, dikenalkan dari nomor urut hingga Dapil dan wajah mereka. “Ini agar bapak ibu mengenal para calon wakil rakyat asli dari Tanjungpinang,” ujarnya.

Dimulai dari Calon DPR RI Dapil Kepulauan Riau Nomor 02, Mayjen (Purn) Sturman Panjaitan, Calon DPD RI Nomor 25, M Syahrial SE dikenal dengan tanjaknya hingga para wakil rakyat Dapil kecamatan di Kota Tanjungpinang, satu persatu merapatkan tangan memohon persetujuan masyarakat agar dipercaya mewakili mereka di parlementaria.

“Pilihlah wakil rakyat dari partai PDI Perjuangan, dari calon DPR RI, DPD, DPRD Kabupaten Kota, hingga di tingkat kecamatan, agar aspirasi bapak ibu dapat benar-benar diperjuangkan dari daerah hingga ke pusat,” sebut Lis.

Dentuman drum band Boomerang kembali menggelora disepanjang jalan -jalan protokol Kota Tanjungpinang, ribuan kendaraan roda empat dan dua berderet-deret bersamaan mengikuti alur Satlantas Polres Tanjungpinang mengililingi kota itu.

Padat, sesak tapi patuh berlalulintas menjadi landasan PDI Perjuangan bahwa partai itu patuh terhadap peraturan negara. Kepadatan itu juga menggambarkan kalau saja PDI Perjuangan masih memiliki kader militan, masyarakat yang sayang dengan Jokowi dan solid menghadapi arus deras demokrasi di Pemilu serantak 2019. (Aji)

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top