Topik KOBAR Angkat RHF di Hari Pahlawan 10 November

Poster Refleksi 10 November 2018. (f-KOBARKEPRI)

Poster Refleksi 10 November 2018. (f-KOBARKEPRI)

PIJARKEPRI.COM, Tanjungpinang – Komunitas Belajar (Kobar) Kepulauan Riau kembali mengadakan kegiatan tahunan mereka sempena memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November 2018, mendatang.

Sukses menggelar seminar di hari pahlawan 2017 bersama Antarakepri, tahun ini, Kobar Kepri kembali mengadakan Seminar Refleksi 10 November dengan tema “Kilas Balik Perjuangan Raja Haji Fisabilillah (RHF) di Era Milenial”, yang akan berlangsung, Sabtu (10/11/2018) mendatang.

Ketua Kobar Kepri, Rully Permana, di Tanjungpinang, Kamis (8/11) mengungkapkan, mengangkat sosok Raja Haji Fisabilillah sebagai pahlawan nasional dari Kepulaun Riau dalam seminar tersebut adalah upaya untuk mengenalkan kembali dedikasi sang pahlawan kepada pemuda dan mahasiswa saat ini.

“Karena sosok RHF adalah salah satu tokoh pahlawan nasional yang notabenennya berasal dari provinsi Kepri, dan sudah seharusnya pemuda di era melenial menjadikan sosok RHF yang memiliki suri tauladan. Selain itu, karena loyalitas RHF, semangat pantang menyerah dan dedikasinya terhadap negri khusunya tanah melayu,” katanya.

Menurutnya, Refleksi 10 November merupakan salah satu program tahunan Kobar, dimana dalam komunitas tersebut merasakan semangat patriotisme dan nasionalisme mengalir di dalam jiwa seorang pemuda khususnya mahasiswa, dimana pemuda adalah aset dari sebuah negara dan bangsa.

“Adapun tema dari kegiatan Refleksi 10 November diangkat dari permasalahan yang ada di dalam jiwa pemuda,” ujar Rully yang juga mahasiswa Ilmu Hukum Fisip UMRAH itu.

Ia menjelaskan, dimasa kemerdekaan, para pahlawan bertumpah darah merebut kemerdekaan, melepaskan diri dari belenggu penjajahan. Menurut Kobar, ini adalah suatu tanda bahwa para leluhur bangsa dengan jiwa cinta tanah air mereka merebut dan mempertahankan kemerdekaan dengan segala pengorbanannya.

Kendati mengangkat kembali cinta tanah air dari para pahlawan yang sudah berjuang, Rully mengungkapkan, di era saat ini pemuda dan mahasiswa mendapatkan kesempatan yang lebih mudah, dengan hanya untuk memperhatikan kemerdekaan itu , dimana sosok pemuda mendapatkan peran penting untuk mempertahankannya.

“Oleh karena itu butuh pemahaman dan penerapan di dalam jiwa pemuda untuk menciptakan pemuda yang cinta tanah air,” ungkapnya.

“Dengan diadakannya kegiatan Refleksi 10 November, kami berharap pumuda khusunya di kepulauan Riau dapat menumbuhkan jiwa patriotisme dan nasionalisme sehingga dapat menjadi harapan bangsa yang merealisasikan cita-cita para leluhur,” tambahnya.

Dalam kegiatan seminar tahunan Refleksi 10 November 2018, Kobar mengundang tokoh pemuda Kepri sekaligus Majelis Pemuda Indonesia (MPI) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Tanjungpinang, M Syahrial, SE dan Ketua Stisipol Raja Haji Tanjungpinang, Endri Sanopaka, S.Sos, MPM, yang akan berlangsung di , Aula Perpustakaan dan Arsip Kepri.

ANG

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top