Warga Natuna Temukan Barang Mirip Puing Pesawat

TNI AU saat mengidentifikasi benda mirip puing pesawat yang terdampar di rumah warga Air Danau, Sejuba, RT 01 RW 2 Desa Sepempang, Kecamatan Bunguran Timur Natuna, Kepulauan Riau, Sabtu (24/12/2022). (Foto: Muhamad Nurman)
TNI AU saat mengidentifikasi benda mirip puing pesawat yang terdampar di rumah warga Air Danau, Sejuba, RT 01 RW 2 Desa Sepempang, Kecamatan Bunguran Timur Natuna, Kepulauan Riau, Sabtu (24/12/2022). (Foto: Muhamad Nurman)

PIJARKEPRI.COM – Warga Air Danau, Sejuba, RT 01 RW 2 Desa Sepempang, Kecamatan Bunguran Timur Natuna, Kepulauan Riau, Bujang Rozali (40) menemukan barang mirip puing pesawat yang hanyut dibelakang rumahnya.

Benda tersebut diduga dibawa oleh ombak dan angin yang kemudian menghantam rumahnya pada, Jumat (23/12/2022) malam.

“Tadi malam jam 10 barang ini hanyut, nyangkut di tiang belakang rumah, saya liat ini barang ringan saya biarkan,” kata pemilik rumah sekaligus penemu pertama puing tersebut, Bujang Rozali (40), warga Sejuba, Sabtu (24/12).

Dikarenakan ringan dan dianggap tidak berbahaya benda tersebut dibiarkan saja. Namun pada pagi hari ia terpaksa memindahkan benda itu, sebab akibat hempasan gelombang yang menghantam benda itu, menyebabkan bagian belakang rumahnya rusak.

“Lama – lama mengakibatkan bagian belakang rumah rusak, akhirnya tadi pagi saya minta bantu Julias (tetangga) bantu angkat,” ujar Bujang.

Sementara, Julias usai membantu, langsung memposting temuan Bujang ke media sosial.

Namun tidak berselang lama pihak kepolisian langsung mendatangi lokasi penemuan.

“Jam 6 tadi pagi kami angkat ke darat, sejak awal saya sudah yakin, karena itu saya pasang status puing pesawat, lalu saya di telpon sama bang Ade anggota dewan, terus banyak polisi datang ke sini,” ucapnya.

Selain puing dengan ukuran kurang lebih dua meter , ditempat terpisah juga ditemukan barang dengan tulisan Push Bates Cargo – Pak warna hitam. Bagian luar serpihan berwarna putih dan bagian dalam seperti serat fiber berwarna kuning.

Sementara isi dalam serpihan terlihat rongga seperti sarang lebah dengan bahan aluminium koil dan dibeberapa sisi puing juga tampak telah ditumbuhi kerang jenis tiram putih.

TNI AU saat mengevakuasi benda mirip puing pesawat di Air Danau, Sejuba, RT 01 RW 2 Desa Sepempang, Kecamatan Bunguran Timur Natuna, Kepulauan Riau, Sabtu (24/12/2022). (Foto: Muhamad Nurman)
TNI AU saat mengevakuasi benda mirip puing pesawat di Air Danau, Sejuba, RT 01 RW 2 Desa Sepempang, Kecamatan Bunguran Timur Natuna, Kepulauan Riau, Sabtu (24/12/2022). (Foto: Muhamad Nurman)

Polisi Sisir Lokasi Ditemukannya Benda Mirip Puing Pesawat

Personel Kepolisian Resort (Polres) Natuna sisir pantai sekitar Air Danau, Sejuba, Desa Sepempang, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau setelah ditemukannya serpihan yang diduga mirip badan pesawat oleh warga setempat. Usai melakukan penyisiran personel tidak menemukan benda lain yang sama.

“Hanya satu serpihan besar kurang lebih dua meter kali dua meter,” kata Kapolres Natuna, AKBP Iwan Ariyandhy di Natuna, Sabtu. (24/12).

Iwan menyebut barang itu telah diserahkan kepada pihak TNI AU Lanud Raden Sadjad, untuk diteliti lebih lanjut.

“Kita ketahui bersama saat ini Natuna lagi musim angin utara, dimana kondisi cuaca cukup ekstrim, tadi pagi dilaporkan oleh masyarakat ke anggota Polsek bahwa ada temuan, kita kan masih menduga kita juga koordinasi dengan Lanud apakah ini puing dari pesawat atau lainnya,” katanya.

Ia mengaku belum bisa memastikan barang temuan itu, namun ia membenarkan benda itu ditemukan warga setempat.

“Nantikan bisa dilakukan penelitian atau penyelidikan oleh alhlinya lah, tadi pagi dapat laporan kira – kira jam 8.15 WIB,” ujarnya.

Sementara, pihak Lanud Raden Sadjad melalui keterangan tertulis menyampaikan kepada awak media belum bisa memberikan keterangan terkait hal tersebut karena masih dalam pengecekan.

TNI AU Amankan Benda Diduga Puing Pesawat

Komandan Lanud Rsa, Kolonel Pnb Jajang Setiawan mengatakan, pihaknya sudah mengamankan benda yang diduga puing pesawat. Benda tersebut sudah dibawa ke Pangkalannya, untuk diteliti.

“Saat ini puing-puing diduga serpihan pesawat sudah diamankan di hanggar Lanud RSA untuk dilakukan _inspection_ oleh Seksi Pemeliharaan Skadron Udara 52, Lanud Rsa,” ucap Jajang. (MAN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *