Jelang Ramadhan Warga BMP Bangun Surau dari Kayu

Warga Perum Bukit Merpati Putih dan sekitarnya saat membangun surau menjelang Ramadhan 1442H/2021, Minggu (28/2/2021). (Foto: pijarkepri.com)
Warga Perum Bukit Merpati Putih dan sekitarnya saat membangun surau menjelang Ramadhan 1442H/2021, Minggu (28/2/2021). (Foto: pijarkepri.com)

PIJARKEPRI.COM – Keterbatasan sarana dan prasarana rumah ibadah umat muslim di Perum Bukit Merpati Putih (BMP), RT.005/RW.002 Kelurahan Pinang Kencana, Kecamatan Tanjungpinang Timur, Tanjungpinang, Kepri tak menyurutkan semangat warga di daerah itu.

Menjelang bulan suci Ramadhan 1442 Hijriah/2021 Masehi, warga BMP membangun Surau dari kayu, sejak Minggu (28/2/2021) pagi. Puluhan warga terlihat berjibaku membersihkan lahan sementara yang diberikan pengembang perumahan tersebut untuk dijadikan rumah ibadah.

Kordinator RT.005/RW.002 di Perum BMP tersebut, Emi, mengatakan pembangunan Surau di perumahan itu mengingat keterbatasan ruang untuk penduduk setempat beribadah. Pembanguan surau menggunakan tiang kayu itu dikarenakan keterbatasan biaya dan bersifat sementara.

Di Perum BMP tersebut terdapat Surau Janatul Firdaus. Namun kondisi Surau yang berada tepat dipemukiman penduduk dengan ukuran lahan yang kecil tak dapat diisi jamaah dalam melaksanakan ibadah.

“Sebenarnya di perumahan ini ada surau, tapi kecil, sempit dan tak dapat diisi jamaah terlalu banyak. Maka, kami warga disini berinisiatif membangun surau di lahan ini, untuk sementara, karena sebentar lagi kita akan menyambut Ramadhan 1442H. Jadi warga bisa shalat tarawih di sini,” kata Emi.

Emi mengatakan hingga saat ini, lebih kurang 300 jiwa umat beragama muslim bermukim di Perum Bukit Merpati Putih. Penduduk setempat tengah membentuk panitia pembangunan masjid di lahan yang dihibahkan pengembang perumahan BMP.

“Lokasi masjid yang akan dibangun sudah ada, tapi kami belum menerima surat pernyataan serah terima lahan pembangunan masjid, dalam waktu dekat akan diurus panitia pembangunan masjid Perum BMP,” kata Emi.

Bangun Surau dari Kayu

Keterbatasan biaya merupakan salah satu alasan warga Perum BMP membangun Surau dari kayu. Mereka mengambil puluhan batang kayu, bambu dari lahan warga disekitar Perum tersebut.

Warga Perum Bukit Merpati Putih dan sekitarnya saat membangun surau menjelang Ramadhan 1442H/2021, Minggu (28/2/2021). (Foto: pijarkepri.com)

Warga berjibaku memikul kayu, menggali lubang-lubang untuk tiang di lokasi lahan pembangunan surau seluas 7×12 meter persegi. Kekompakan warga BMP ini menunjukkan keinginan mereka untuk ketersediaan tempat ibadah di pemukiman tersebut.

Emi mengatakan warga setempat bersedia menerima bantuan moril maupun materil bagi siapa saja dermawan yang ingin membantu pembangunan Surau tersebut, di Perum Bukit Merpati Putih.

“Kami menerima bantuan apa saja, seperti semen, pasir, batu, atap, material bangunan apa saja untuk pembangunan surau ini. Kami mengucapkan terimakasih banyak,” kata Emi.

Saat ini pembangunan Surau di perumahan BMP telah berlangsung pemasangan tiang dari kayu. Warga setempat menjadwalkan Gotong Royong pembangunan surau itu setiap akhir pekan. (ANG)

Editor : Aji Anugraha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *