Polisi Tetapkan Lima Tersangka Pembakaran Kapal di Tambelan

Personil Polres Bintan saat mengamankan barang bukti serpihan kapal motor (KM) Harapan Jaya I yang diduga dibakar lima tersangka di perairan Tambelan awal April 2020. (Foto : pijarkepri.com)
Personil Polres Bintan saat mengamankan barang bukti serpihan kapal motor (KM) Harapan Jaya I yang diduga dibakar lima tersangka di perairan Tambelan awal April 2020. (Foto : pijarkepri.com)

PIJARKEPRI.COM – Polres Bintan menetapkan lima tersangka terduga pembakaran kapal motor (KM) Harapan Jaya I di perairan Tambelan awal April 2020.

Kapolres Bintan AKBP Bambang Sugihartono, melalui Kasat Reskrim Polres Bintan, AKP Agus Hasanudin, di Bintan, Kamis, mengatakan lima terduga tersangka pembakaran kapal tersebut berinisial FD, BD, JS, SD dan MN.

Para tersangka diduga melanggar pasal 170 dan atau Pasal 187 K.U.H.Pidana.

Dalam pasal itu disebutkan Barang siapa dengan sengaja terang-terangan dan dengan tenaga bersama menggunakan kekerasan terhadap orang lain dan atau sengaja menimbulkan kebakaran.

AKP Agus Hasanudin menjelaskan, penetapan lima tersangka terduga pembakaran kapal motor (KM) Harapan Jaya I di perairan Tambelan tersebut berawal dari laporan polisi di Reskrim Bintan pada 2 April 2020.

Ia mengatakan, terhadap laporan tersebut Satreskrim Polres Bintan memeriksa sebanyak 6 orang saksi dari pihak Pelapor dan 8 orang saksi dari pihak saksi warga yang melihat kejadian tersebut.

Kemudian, Satreskrim Polres Bintan menangkap dan mengamankan 5 tersangka terduga pembakaran kapal tersebut.

“Terhadap Laporan tersebut sudah dilakukan Penangkapan dan Penahanan terhadap para tersangka pada hari Senin dan Selasa tanggal 10 dan 11 Agustus 2020,” ungkapnya.

Agus menyebutkan, pihaknya sudah memeriksa para tersangka yang didampingi Penasehat Hukum/Pengacara pada Rabu, 12 Agustus 2020.

“Dari Polres menyiapkan kuasa hukum, cuma ada dari salah satu masyarakat disana menyiapkan juga,” ungkapnya.

Baca Juga : Najib Beri Bantuan Hukum Lima Nelayan Tambelan Terjerat Masalah Hukum

Penyidik Satreskrim Polres Bintan terhadap perkara itu tengah melanjutkan Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) berkoordinasi dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Bintan.

“Selanjutnya Penyidik/Penyidik Pembantu akan mengirimkan perkembangan hasil penyidikan kepada Kejari Bintan tentang penetapan para tersangka menindaklanjuti SPDP,” ungkapnya.

Satreskrim Polres Bintan juga tengah meminta penetapan penyitaan barang bukti ke Pengadilan Negeri Tanjungpinang dan sesegera mungkin mengirimkan berkas perkara tahap 1 ke Kejaksaan Negeri Bintan.

“Kemudian terhadap Berkas Perkara akan sesegera mungkin dikirimkan ke Kejaksaan Negeri Bintan (Tahap I),” ungkapnya.

(ANG)

Editor: Aji Anugraha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *