Carter Pesawat Sendiri, Hari Ini 300 TKA Tiongkok Tiba di Tanjungpinang

PT. Bintan Alumina Indonesia (BAI). (Foto: Aji Anugraha/pijarkepri.com)
PT. Bintan Alumina Indonesia (BAI). (Foto: Aji Anugraha/pijarkepri.com)

PIJARKEPRI.COM – Sebanyak 300 Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dikabarkan akan mendarat di Bandar Udara Raja Haji Fisabilillah, Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Sabtu (8/8/2020).

Direktur PT. Bintan Alumina Indonesia (BAI) Santoni, dihubungi, Sabtu, mengatakan kedatangan 300 pekerja ahli teknisi PT. BAI tersebut menggunakan pesawat carter khusus untuk mendatangkan mereka.

“Hari ini, 300 tenaga ahli BAI yang sempat tertunda didatangkan karena pandemi Covid-19 kembali kami datangkan dari Tiongkok, mengggunakan peswat yang kami carter. Tiba di Bandara RHF Tanjungpinang,” kata Santoni

Dia menjelaskan, kedatangan 300 TKA tersebut beserta 70 anak daerah yang disekolahkan di RRT selama kurang lebih 14 bulan sebagai tenaga engineering PT. BAI. Mereka akan ditugaskan untuk pengerjaan bidang-bidang khusus di PT.BAI.

“Ada 70 orang lebih tenaga ahli, anak daerah sebagian asal tempatan Bintan, Batam dan Jakarta. Mereka bekerja sebagai engineering untuk jangka panjang prusahaan,” ungkapnya.

Sedangkan untuk 300 TKA asal RRT tersebut ditugaskan untuk memasang barang-barang yang telah PT. BAI siapkan terlebih dahulu. Secara khusus, para TKA tersebut bekerja untuk pembangunan PLTU, Alumina dan GES.

“Mereka bekerja kurang lebih 4 bulan di PT BAI,” ujar Santoni.

Dia mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kepri untuk kesiapan kedatangan 300 tenaga ahli asal RRT itu.

“Kami mengikuti prosedur protokol kesehatan Covid-19 dan berkoordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kepri,” ungkapnya.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Tjetjep Yudiana membenarkan tim gugus tugas tengah mempersiapkan kedatangan TKA asal RRT yang akan bekerja di PT.BAI.

Tjetjep mengatakan, dikabarkan para TKA tersebut sudah mengantongi sertifikat Swab PCR Covid-19 dari Tiongkok sebelum diberangkatkan ke Tanjungpinang.

“Mereka sudah mengantongi sertifikat Swab Covid-19 dari Tiongkok,” kata Tjetjep.

Kendati sudah memiliki sertifikat swab Covid-19, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kepri berkoordinasi dengan Kantor Kesehatan Bandara RHF Tanjungpinang untuk tetap mengambil Rapid Test Covid-19 para TKA tersebut.

Nantinya, mereka yang dinyatakan reaktif Covid-19 berdasarkan Rapid Test akan diambil Swab PCR Covid-19 oleh Rumah Sakit Angkatan Laut, di Tanjungpinang.

Hal itu upaya mengantisipasi pencegahan penyebaran Covid-19 seperti kedatangan 6 Warga Negara Ukraina belum lama ini yang dinyatakan positif Covid-19 berdasarann Swab Covid-19.

“Berdasarkan dari pengalaman yang lalu terhadap warga Ukraina, mereka sudah punya sertifikat Swab, tapi KKP melakukan rapidt tes, ternyata semua reaktif, dan hasil Swab kesemuanya positif. Kita koordinasi dengan kantor kesehatan pelabuhan disana, kita juga akan yang reaktif terhadap rapid tes akan dibantu swab oleh RSAL,” ungkapnya.***

Pewarta : Aji Anugraha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *