Rakerwil I APEKSI di Kota Pariaman Dimulai

Rakerwil I APEKSI di Kota Pariaman dimulai

PIJARKEPRI.COM Tanjungpinang – Pelaksana Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) I Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Regional 1 Sumatera dengan tuan rumah Kota Pariaman telah pun dimulai dengan jamuan Makan Malam yang bertempat di Aula Balaikota Pariaman, Jalan Imam Bonjol No. 44 Cimparuh, Selasa (17/3).

Turut hadir Pengurus APEKSI Pusat dan Ketua APEKSI Regional 1 Sumatera, DR. H. Firdaus, ST, MT yang juga merupakan Walikota Pekanbaru dan seluruh Walikota se-Sumatera yang merupakan anggota APEKSI Komwil 1 Sumatera.

Walikota Pariaman, DR. H. Genius Umar, S.Sos, M.Si mengatakan Didalam pidato sambutannya dihadapan 20 orang kepala daerah kota peserta APEKSI 2020 ini menyampaikan rasa syukur yang mendalam dan ucapan terimakasih kepada kepala daerah kota peserta Rakerwil I APEKSI karena telah menyempatkan diri hadir dan datang di Kota Pariaman ini.

“Hal ini merupakan momentum kali pertamanya, walikota Wilayah I APEKSI hadir di Kota Pariaman yang menjadikan motivasi bagi kami di Pemko Pariaman untuk selalu bersemangat membangun daerah kami kearah yang lebih baik, karena kekompakan dari seluruh walikota dalam wilayah I ini sangat mampu memberikan sebuah kekuatan untuk saling bertukar informasi, sharing, tentang pengelolaan daerah secara baik dan berkompeten untuk memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat di daerah masing-masing,” terang Genius.

Namun, ungkap Genius lagi, sebetulnya dirinya juga was-was terkait edaran dari Presiden RI tidak boleh berkumpul-kumpul yang dikarenakan adanya wabah virus corona.

“Bahkan, Ketua APEKSI Pusat, Airin Rachmi Diany (Walikota Tangerang Selatan) pun menghubungi kami, sehingga kami jelaskan, bahwa dalam beberapa rangkaian kegiatan Rakerwil I APEKSI ada beberapa kegiatan lapangan yang melibatkan banyak orang yang kita hilangkan, sehingga konsentrasi pelaksanaan Rakerwil I APEKSI akan berlangsung secara resmi saja,” ungkap Genius.

Dan untuk menyikapi ini, Pemko Pariaman telah lakukan persiapan berupa penyemprotan dengan desinfektan dan menyediakan Antiseptik untuk cuci tangan di lokasi-lokasi acara.

Genius Umar harapkan, rapat APEKSI ini mampu menjadi ajang saling bertukar informasi, bagaimana daerah tertentu sudah bisa menemukan solusi untuk sebuah masalah kemudian di bagi di dalam forum ini dan begitu seterusnya.

Ada beberapa usulan dari  yang akan menjadi bahasan dikemukakan dalam rapat APEKSI, yakni tentang tata kelola pemerintahan dan keuangan daerah, tentang infrastruktur, cara menyikapi secara bersama dan langkah strategis dalam menghadapi dan menyikapi bahaya virus corona ini.

“Ditambah lagi, yang baru-baru ini, Menteri Keuangan RI telah mengeluarkan Surat Keputusan tentang dimana kita diberi kemudahan pengelolaan keuangan untuk merubah anggaran kesehatan di tahun ini menjadi anggaran yang langsung fokus dalam anggaran menghadapi bahaya nasional ini yakni virus corona dan hal ini menjadi diskusi serius terkait tata cara pengelolaannya karena hal ini masih baru dan menjadi kebijakan daerah,” tutup Genius.

Sementara itu, Ketua Komwil APEKSI Regional 1 Sumatera, Firdaus mengajak seluruh Walikota yang hadir untuk dapat bersama-sama mendukung dan memberikan kontribusi untuk suksesnya pelaksanaan Rakerwil tersebut.

“Kita semua harus bersama-sama saling bersinergi, mendukung dan mensukseskan pelaksanaan Rakerwil ini di Kota Pariaman, nantinya kita memutuskan hasil rapat pleno yang bermanfaat bagi kita semua, sebagaimana yang telah disampaikan oleh Walikota Pariaman, terhadap virus Corona ini harus kita tanggapi secara serius dan konsen agar tidak merebak kemana-mana dengan menyesuaikan arahan dan instruksi presiden,” ungkap Firdaus.

Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd mengatakan pada pertemuan tersebut menentukan tuan rumah Rakerwil di tahun 2021 yaitu di Kota Aceh, langkah penanganan Walikota terkait Corona dan tentang pencalonan Ketua Umum APEKSI untuk diusulkan pada Rakernas APEKSI Pusat pada bulan Juni mendatang.

“Saya berharap pertemuan ini akan terus berlanjut dan berkembang sehingga kerja sama antar daerah dalam ruang lingkup Komwil 1 akan dapat semakin kuat dan kokoh, kemudian terkait penanganan Corona kita harapkan dapat segera dilakukan tindakan cepat dan persiapan Rakernas APEKSI di Tangerang Selatan untuk memilih Ketua Umum APEKSI yang baru,” paparnya.

Syahrul juga mengatakan Rakerwil 1 Sumatera ini di Kota Pariaman agak sedikit berbeda dari konsep yang sudah ditetapkan oleh panitia dikarenakan virus Corona.

“Meskipun rangkaian acara berubah dan sebagian dibatalkan, tidak menyurutkan semangat para Walikota se-Sumatera untuk bertemu, bersilaturahmi serta saling berdiskusi terkait langkah apa yang akan dilakukan terkait penanganan virus Corona,” pungkas Syahrul.

Adapun rangkaian kegiatan Rakerwil I APEKSI Regional 1 Sumatera ini diawali dengan Welcome Dinner yang dilaksanakan di Rumah Dinas Walikota, Pembukaan Rakerwil, Seminar dan Rapat Kerja di Aula Balaikota, Ladies Program yang dilaksanakan di Balairung Rumah Dinas Walikota. Juga akan diisi dengan berbagai kegiatan kemasyarakatan seperti Penanaman Pohon Khas daerah masing-masing di Talao Park Pariaman.

Diakhir acara Wellcome Dinner dilakukan juga penyerahan cenderamata dari masing-masing Walikota atau perwakilan kepada Walikota Pariaman dan Ketua TP PKK Kota Pariaman. (Rilis/ANG)

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *