Bupati Lingga Terbitkan Surat Edaran Tanggap Darurat Bencana Covid-19

Lingga Darurat Bencana Non Alam Akibat Covid-19 Ditetapkan Hingga 19 April 2020

Surat Edaran Bupati Lingga terkait kewaspadaan Covid-19 di Lingga.

PIJARKEPRI.COM, Lingga – Bupati Lingga Alias Wello menerbitkan surat edarannya mengenai penetapan status daerah Lingga tanggap darurat bencana non alam akibat Covid-19, selama 30 hari terhitung tanggal 21 Maret hingga 19 April 2020.

Keputusan itu, diambil Bupati Lingga mencemati perkemangan penyebaran Virus Corona Disease (Covid-19) diIndonesia dan di Kabupaten Lingga pada khususnya, serta mengingat arahan Presiden Republik Indonesia, himbauan dari Kementerian/Lembaga Kepolisian, Gubernur Kepulauan Riau, yang kemudian ditindaklanjuti pada Rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Lingga.

Dalam surat edaran Bupati Lingga itu, kegiatan belajar mengajar bagi siswa/i mulai dari PAUD, TK sampai dengan Sekolah Menengah Pertama (SMP) agar dilaksanakan dirumah dengan menggunakan media pembelajaan secara daring/online.

“Kegiatan-kegiatan yang melibatkan orang dalam jumlah banyak seperti Rapat Kerja, Rapat Koordinasi, Seminar Simposium/FGD, Kursus dan lain-lain agar ditunda,” kata Bupati Lingga dalam surat edaranya.

Kemudian, kegiatan keramaian pada tempat hiburan, (Warnet, Gelanggang Permainan, Bilyard Bioskop, Diskotik/PUB, KTV dan sejenisnya) dan Kegiatan lainnya yang melibatkan massa (Unjuk Rasa, Pertemuan Sosial, Politik, Budaya, Agama dalam bentuk seminar Lokakarya, Serasehan, Konser Musik, Pekanraya, Festival, Bazar, Pameran, Pasar Malam, Resepsi Keluarga, Kegiatan Olahraga, Kesenian, Pawai, dan Karnaval) agar ditiadakan atau ditunda.

Selain itu, Rumah Makan/Restoran Café boleh beroperasi, dengan mengutamakan pelayanan bawa pulang (take away) dan untuk pelayanan di tempat agar mengatur jarak duduk dengan jumlah terbatas.

“Memanfaatkan layanan Call Center (0823-8547-0674 dan 0852-700-5111), bila mengalami Situasi Gawat Darurat dan merasa seperti gejala covid-19, dan untuk informasi data sebaran Covid-19 di Pemerintah Kabupaten Lingga di informasikan melalui Siaran,” terangnya.

Untuk diketahui, PERS Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Coronavirus Disease (Covid-19) Pemerintah Kabupaten Lingga. Pelayanan publik yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Lingga maupun swasta tetap beroperasi mengutamakan dan mematuhi Standar Protocol Covid-19.

Semua pihak diminta untuk tenang dan tidak panik, tidak membuat atau menyebarkan informasi yang tidak akurat/tidak berasal dari sumber resmi, melaksanakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan melakukan tindakan pencegahan Covid-19.

Pimpinan Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lingga segera menindaklanjuti edaran ini dan menyesuaikan dengan kewenangan dan tugas pokok serta
ketentuan Kementerian masing-masing.

Bagi siapapun yang tidak mengindahkan/mematuhi ketentuan di atas akan diberikan sanksi sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku, demikian disampaikan untuk menjadi perhatian dan dilaksanakan sebagaimana mestinya. (Aci)

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *