Bersepeda Kamtibmas Ala Yan Fitri Halimansyah

BERSEPEDA sudah menjadi salahsatu rutinitas masyarakat di Kepuluan Riau yang mulai digemari sebagai salah satu olahraga santai dan ramah lingkungan belakangan ini.

Salah satu penggagas bersepeda di Kepulauan Riau, Brigjen Pol Drs. H. Yan Fitri Halimansyah, dihubungi, Selasa (25/2), mengatakan bersepeda dapat menjaga kebugaran tubuh manusia.

Menurut pria yang akrab di sapa Bang Yan ini, bersepeda tak hanya untuk kebutuhan olahraga saja, bahkan dengan bersepeda dapat menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Ia mengatakan, secara kelembagaan, TNI-Polri di Kepulauan Riau bersinergi menggaungkan bersepeda bersama masyarakat untuk mendukung upaya menjaga Kamtibmas.

“Untuk menjaga Kamtibmas diperlukan kerjasama semua pihak. Salah satunya dengan bersepeda tentu lebih mudah melaksakannya,” ujarnya.

Menurut Yan, olahraga bersepeda dapat dilakukan siapa saja, tidak mengenal usia. Bersepeda juga tidak membutuhkan ruang khusus, bahkan dapat digalakan beramai-ramai. Bersepeda dinilai lebih mudah menyatukan hubungan kekerabatan yang sehat.

“Kalau olahraga berenang ‘kan gak bisa rame-rame, kalau sepeda bisa dimana saja, asalkan ada niat yang baik. Dengan bersepeda tentu kita mendapatkan hasil, tubuh sehat, ramah lingkungan dan mempererat tali silaturahmi,” ujarnya.

Yan berpendapat, melalui keinginan bersama-sama menyemarakkan bersepeda dan menularkan kebaikan untuk hidup sehat dengan bersepeda juga dapat menjadi sarana promosi wisata di Kepulauan Riau.

Dia mencontohkan, bersepeda mendukung sektor pariwisata di Kota Tanjungpinang. Dengan semarak bersepeda di masyarakat menjadikan kota tersebut memiliki ciri khas tersendiri. Maka, dengan bersepeda memberikan nilai tersendiri untuk daerah tersebut.

“Tanjungpinang merupakan kota wisata religi, dengan bersepeda tentu menjaga keramahan lingkungan, nyaman, aman dan tentunya sehat. Semarak bersepeda di Tanjungpinang lebih cocok, karena kota itu bukan daerah industri maupun pertambangan, lebih cocok jika bersepeda,” ujarnya.

“Dengan bersepeda, kita jadikan Kepri ini menjadi daerah yang sehat,” tambahnya.

Bersepeda kamtibmas sudah dibangun Polda Kepri sejak munculnya Himpunan Sepeda Lipat Kepulauan Riau yang kemudian lebih dikenal dengan Hislike yang diinisiasi Sekretaris Kompolnas Brigjen Pol. Purwolelono, yang juga mantan Irwasda Polda Kepri saat itu.

Hampir di seluruh wilayah kerja Polda Kepri, Polres, Polsek hingga Babinkamtibmas bersepeda dalam menjalankan tugas. Begitu juga dikalangan TNI, hampir keseluruhan matra TNI menggalakkan bersepeda.

Ibaratkan “wabah virus”, bersepeda kamtibmas ala Yan Fitri Halimansyah begitu cepat menyebar hingga ke masyarakat.

Seiring dengan gencarnya bersepeda, sejumlah komunitas-komunitss pesepeda mulai bermunculan, baik yang sudah lama berdiri maupun perorangan, di perusahan swasta, pemerintah setempat di Karimun, Lingga, Bintan, Anambas, Batam, Natuna dan Tanjungpinang.

Bahkan, bersepeda tidak hanya untuk mengisi waktu kosong dan hari libur kerja, bersepeda yang dimotori TNI-Polri menjadi rujukan untuk program pemerintah Provinsi Kepulauan Riau.

Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau belum lama ini mewacanakan “Kepri Bersepeda 2020” yang diikuti ribuan masyarakat dan serentak dilaksanakan di seluruh kabupaten kota se_Kepulauan Riau.

Bahkan Dinas Pendidikan Provinsi Kepri mewacanakan agar pelajar SMA/K sederajat di Kepulauan Riau menggunakan sepeda untuk akomodasi sekolah sehari-hari.

“Mari jaga tubuh kita agar tetap sehat, tetap semangat dan tetap kompak selalu,” himbau Wakapolda Kepri Brigjen Pol Yan Fitri Halimansyah.

Pewarta : Aji Anugraha

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *