Pesan Yan Fitri Halimansyah Untuk Perhimpunan Melayu Raya Kepulauan Anambas

Pembina Utama Perhimpunan Melayu Raya Drs. H. Yan Fitri Halimansyah, M.H saat menyerahkan panji-panji kebesaran Melayu Raya kepada Korwil Melayu Raya Kepulauan Anambas, Sahtiar beserta pengurus saat penabalan Perhimpunan Melayu Raya Kepulauan Anambas, Minggu (13/10/2019). (Foto: pijarkepri.com)

PIJARKEPRI.COM, Anambas – Pengurus Perhimpunan Melayu Raya di Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau resmi dinabalkan, di gedung Balai Pertemuan Masyarakat Siantan (BPMS), Minggu, 13 Oktober 2019.

Pembina Utama Perhimpunan Melayu Raya, Drs. H. Yan Fitri Halimansyah, MH secara resmi membacakan warkah penabalan Kordinator Wilayah (Korwil) Perhimpunan Melayu Raya Kepulauan Anambas, Sahtiar, SH,MM beserta pengurus.

“Dengan ini saya tabalkan Perhimpunan Melayu Raya Kabupaten Kepulauan Anambas,” sebut Drs. H. Yan Fitri Halimansyah saat membacakan warkah penabalan.

Dalam pidatonya, Yan Fitri Halimansyah mengharapkan agar Perhimpunan Melayu Raya Kepulauan Anambas dapat menjadi garda terdepan menjaga keutuhan NKRI dan berkontribusi untuk masyarakat di daerah itu.

Yan Fitri Menjelaskan Perhimpunan Melayu Raya adalah suatu bentuk role model dari perpolisian masyarakat sebagai bentuk kepedulian anak bangsa untuk hadir memberikan rasa aman, nyaman dan menjaga ketertiban di masyarakat.

” Perhimpunan yang hadir disetiap musibah dan masalah yang dihadapi masyarakat,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, Perhimpunan Melayu Raya saat ini hadir dari, oleh dan untuk masyarakat serta memberikan cermin bahwa Kepri adalah miniatur Indonesia yang berada di kepulauan riau yang dicintai.

Perhimpunan Melayu Raya bercita-cita menjaga keharmonisan dalam keberagaman suku, agama, dan ras serta golongan agar dapat hidup bergandengan tangan dalam suasana persaudaraan.

Menurutnya, Perhimpunan Melayu Raya merupakan manifestasi dari kumpulan harapan anak negeri, yang terdiri dari berbagai macam profesi mulai dari mahasiswa, PNS, pengusaha, dokter, pengacara, bupati, pejabat daerah, bahkan TNI-POLRI.

“Semua latar belakang tersebut disatukan oleh harapan yang sama yaitu berorientasi pada pengabdian bagi bumi pertiwi, khususnya di Kepulauan Riau negeri bahari,” ujar Yan Fitri Halimansyah yang juga Waka Polda Kepri.

Pembina Utama Perhimpunan Melayu Raya, Drs. H. Yan Fitri Halimansyah, M.H saat memberikan pidato sambutan di Penabalan Perhimpunan Melayu Raya Kepulauan Anambas. (Foto: pijarkepri.com)

Ia mengatakan, melihat perjalanan panjang sejarah Negeri, sampai dengan saat ini merupakan catatan masa lalu bangsa yang tidak dapat dilupakan begitu saja, dari
mulai cerita penyebaran manusia modern, pra sejarah, sejarah, pra kemerdekaan, perjuangan kemerdekaan, kemerdekaan, serta zaman milenial saat ini.

Menurutnya, Perhimpunan Melayu Raya hadir di Kepulauan Riau sebagai bentuk aktualisasi dan resolusi diri anak bangsa, untuk menjadi agen-agen perubahan dalam rangka membantu dan mendukung program pemerintah dalam pembangunan, menjaga nilai-nilai kearifan lokal.

Kemudian, Yan Fitri menjelaskan, Perhimpunan Melayu Raya hadir untuk menjadi solusi penyelesaian problem solving dalam permasalahan sosial di masyarakat.

“Agar pranata sosial dapat berjalan dengan baik, serta membangun kekuatan ekonomi kerakyatan bagi generasi-generasi produktif, potensial, terdidik dan kreatif.

Yan Fitri juga menjelaskan lebih rinci mengenai pengertian Perhimpunan Melayu Raya. Dia menjelaskan kalau saja perhimpunan itu, segala yang berserak dipadukan, segala yang bercerai disatukan, segala yang berbeda disamaratakan, yang lupa diingatkan, dan yang bengkok diluruskan.

Sedangkan pengertian Melayu merupakan bangsa, tegaknya mengikuti adat, persaudaraannya tidak bersekat, jujur dan ikhlas menjadi tabiat, dengan sesama memberi khidmat.

Melayu juga mendasari negeri seantero bumi Indonesia, terdiri dari suku, ras dan agama yang beraneka ragam, menjadi satu kesatuan dalam bingkai bhinneka tunggal ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sementara pengertian Raya, adalah agung, ramai, penuh, besar luasnya tiada terbilang, terbuka bagi semua anak negeri.

“Dengan demikian secara umum perhimpunan melayu raya ini adalah tempat berhimpunnya masyarakat dan anak negeri menjadi sebuah kekuatan besar tanpa membedakan suku, agama dan ras, untuk suatu tujuan positif sosial kemasyarakatan,” sebutnya.

Sementara Korwil Melayu Raya Kepulauan Anambas, Sahtiar setelah dilantik mengutarakan akan berupaya menjaga amanah yang telah diberikan Pembina Utama Perhimpunan Melayu Raya, untuk terus berkontribusi dalam kehidupan masyarakat.

“Kami mengucapkan banyak terimakasih yang telah diberikan untuk menjadi pengurus Melayu Raya Kepulauan Anambas ini. Semoga apa yang telah diamanahkan kepada kami dapat segera kami jalankan sebaik-baiknya dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara,” sebut Syahtiar yang juga menjabat sebagai Sekda Kepulauan Anambas.

Penabalan Perhimpunan Melayu Raya Anambas itu juga dibuka Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra selaku Pembina Melayu Raya Anambas beserta Kapolres Kepulauan Anambas, AKBP Junoto, Tokoh Masyarakat Anambas, LAM Anambas, Organisasi Kepemudaan, Organisasi Wanita, perwakilan Ormas, masyarakat setempat dan media massa dan PJU Polda Kepri.

Pewarta : Aji Anugraha
Editor : Alashari

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top