Gambaran Kabinet Baru Jokowi : Ada Yang Lama, Ada Yang Muda, Ada Yang Profesional

Presiden Jokowi saat diwawancara jurnalis selepas berbuka puasa bersama dengan Ketua DPD RI di Kuningan, Jakarta, Rabu, 15 Mei 2019. (Foto: Muchlis Jr – Biro Pers Sekretariat Presiden)

ADA pernyataan menarik dari Jokowi usai membuka pameran Karya Kreatif Indonesia 2019 di Jakarta Convention Center, Jumat, 12 Juli 2019, kemarin.

Jokowi mengaku sudah memiliki gambaran mengenai kabinet baru pada pemerintahannya bersama KH Ma’ruf Amin mendatang.

Untuk itu, Jokowi meminta kalangan partai politik mengajukan profesional muda sebagai sebagai kandidat menteri pada periode 2019-2024.

“Saya minta dari partai juga ada yang muda, ada dari profesional juga,” kata Jokowi di Jakarta Convention Centre didampingi Gubernur BI Perry Warjiyo, Seskab Pramono Anung, dan Kepala Bekraf Triawan Munaf.

Jokowi menyebutkan kalau tidak ada dari partai, ia akan mencari sendiri tokoh muda dari kalangan profesional. “Profesional muda… Kan banyak banget profesional-profesional muda,” ungkapnya.

Sebelumnya sejumlah parpol sudah mengajukan jumlah kursi untuk posisi menteri kepada Jokowi.

“Ya, enggak apa-apa. Mau minta 10 mau minta 11, mau minta 9, kan enggak apa-apa. Wong minta aja,” kata Jokowi disambut tawa.

Jokowi mengaku sudah memiliki gambaran untuk kabinet yang akan membantunya menjalankan tugas Presiden RI periode 2019-2024. Ia menyebutkan komposisi kabinet kemungkinan akan 60:40 atau 50:50 dari kalangan parpol dan dari profesional.

Bahkan, Jokowi juga sejumlah nama calon menteri sudah dia kantongi.

“Sudah, sudah (ada namanya-red),” katanya.

Jokowi juga menegaskan akan mengumumkan secepatnya kabinet yang akan membantunya pada periode kedua. Ia juga menyebutkan akan banyak kandidat menteri yang akan kembali menempati posisi menteri sebelumnya.

ANG

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top