Sosial Movement : Yan Fitri Halimansyah Calon Gubernur Idaman Masyarakat

Wakapolda Kepri Brigjen Pol Yan Fitri Halimansyah MH, saat membuka secara resmi Rapim Polri 2019, di Graha Lancang Kuning, Polda Kepri, Batam, 12 Februari 2019. (f-HPK)

PIJARKEPRI.COM, Tanjungpinang – Sekumpulan mahasiswa yang tergabung didalam organisasi pegiat aksi sosial disebut Sosial Movement menilai Yan Fitri Halimansyah calon Gubernur Kepri idaman masyarakat, pada Pemilu Gubernur Kepri 2020.

Dalam catatan pengamatan evaluasi Sosial Movement, perkembangan dan pergerakan elektabilitas menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi Kepri tahun depan mulai bergairah pasca bermunculan nama-nama baru dan lama dalam pertarungan tersebut di masyarakat.

Ketua Sosial Movement Kota Tanjungping, Rully permana, di Tanjungpinang, Senin (17/6) mengatakan beberapa nama mencuat ke permukaan dari semua bakal calon Gubernur Kepri Pilkada serentak 2020 tersebut muncul nama Yan fitri halimansyah.

Menurutnya, sosok Yan Fitri Halimansyah cukup mengejutkan bagi Mahasiswa di Kepri, karena setaunya, sepak terjang Yan Fitri Halimansyah di kepolisian pernah menjabat Wakapolda Kepri sebanyak 2 kali.

Sosial Movement juga melihat pergerakan sosial keaktifan Yan Fitri sebagai pembina utama Melayu Raya, sebuah oraganisasi yang bergerak di bidang bakti sosial, problem solving dan ekonomi kerakyatan di Kepulauan Riau mendapatkan penilaian sendiri di masyarakat.

Penilain untuk Yan Fitri Halimansyah diidamkan masyarakat juga tergambarkan dari peta politik besutan Prasetyo Budi, dalam situs poling online¬†Strawpoll.com dengan pertanyaan “Siapa gubernur Kepri 2020-2025”, menempatkan Yan Fitri Halimansyah dengan jumlah 1700 votes, 51.64 persen.

Disusul tempat ke dua, Soerya Respationo dengan jumlah 1074 votes, 32.62 persen, menyusul Ansar Ahmad 6.62 persen dalam hitungan 618 votes dan menempatkan Nurdin Basirun di posisi ke empat dengan prolehan157 votes, 4.77 persen, disusul Huzrin Hood, Isdianto, Apri Sujadi dan Alias Wello.

“Penghitungan persentase dukungan ini menunjukkan sikap masyarakat. Bukan berlebihan jika kita menganggap Yan Fitri sebagai calon terkuat dalam pesta demokrasi 2020,” ungkapnya.

Sosial Movement juga menilai, sosok Yan fitri dengan berpangkat jendral bintang satu, mendedikasikan dirinya mengayomi masyarakat dengan baik dan ikhlas, serta dengan kegigihannya menjaga NKRI khususnya bumi bunda tanah melayu.

Dalam penilaian karakteristik kepemimpinan versi Sosial Movement, banyak orang yang menjalankan proses kepemimpinannya dengan tegas, keras dan disiplin. Disisi lain ada pula orang yang menjalankan kepemimpinannya, dengan sederhana penuh dengan estetika.

“Menurut Sosial Movement, Yan Fitri adalah karakter pemimpin yang mempunyai keduanya, diadalah orang yang disiplin, tegas, sederhana dan penuh dengan estetika dan tak lupa pula selalu menjunjung tinggi maruah tanah segantang lada,” ungkap Mahasiswa Hukum Fisip UMRAH ini.

Dalam pesan-pesan pergerakan Sosial Movement disisi politik, kebijakan keputusan hari ini bukan untuk menjadi wacana yang mendongengkan kesejahteraan dan hanya bisa menjanjikan kedamaian, akan tetapi kebijakan hari ini menentukan langkah kongkrit untuk Kepri kedepannya

Menurut Sosial Movement pula, proses dalam menentukan siapa pemimpin Kepri kedepan bukanlah sebuah masalah karena itu adalah karakter pemimpinnya. Semua jelas punya sisi positif dan negatif tergantung masyarakat membutuhkan sosok pemimpin seperti apa dan bagaimana dia berlaku.

“Jika di Kepri kedudukan wilayahnya banyak ketimpangan maka jelas kami butuh pemimpin yang disiplin, tegas dan lebih keras dari baja serta kesederhanaan yang merakyat,” ungkapnya.

Hingga saat ini, Wakapolda Kepri Brigjen Pol, Yan Fitri Halimansyah belum memberikan sikap atas dukungan masyarakat disejumlah media sosial, maupun secara terbuka di media. Yan Fitri Halimansyah masih bertugas melayani masyarakat Kepulauan Riau di Polda Kepri.

Pewarta : Aji Anugraha
Editor : Alashari

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top