PWI Tanjungpinang : Wartawan Garda Penting Memerangi Hoaks

Ketua PWI Tanjungpinang-Bintan, Zakmi saat menyampaikan materi dalam Rembuk Aparatur Kelurahan dan Desa tentang literasi informasi melalui FKPT Kepri. (f-pwi)

PIJARKEPRI.COM, Tanjungpinang – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Tanjungpinang-Bintan, Kepulauan Riau menilai wartawan merupakan garda penting dalam memerangi berita bohong (Hoaks,red).

Ketua PWI Tanjungpinang-Bintan, Zakmi, di Tanjungpinang, Senin (8/4/2019) mengatakan, mendekati Pemilu serentak 2019 penyebaran berita hoaks sangat masif apalagi mendekati Pilpres 2019. Hoaks ditemukan pada era 70an saat internet mulai berkembang.

Menurutnya, akibat hoaks yang masif, sangat merugikan profesi wartawan, padahal wartawan dinilai paling getol memerangi berita bohong di Indonesia, bahkan terkadang wartawan menjadi kambing hitam.

“Disini sebenarnya kita harus ketahui dulu mana berita yang dibuat media massa atau berita dari media sosial. Jika berita dari media massa pasti melakukan konfirmasi dan verifikasi serta memiliki sumber sesuai Kode Etik Jurnalistik (KEJ) menurut Undang-Undang Pers Nomor 40,” katanya, Senin (8/4/2019) pagi.

Menurutnya pula, selain wartawan sebagai penyampaian informasi, masyarakat harus terlebih dulu memferivikasi informasi berita yang didapatkan, jangan langsung saring sebelum sharing. Apalagi media tersebut tak memiliki legalitas.

“Kita selalu berpesan agar masyarakat cerdas supaya tidak menyebarkan hoaks. Bedakan berita dari media massa dan berita yang dibuat di medsos atau media massa yang tidak berbadan hukum. Karena media massa tidak berbadan hukum sangat rentan membuat hoaks,” kata Zakmi.

Oleh karena itu, Zakmi menyarankan agar masyarakat mengecek terlebih dahulu media massa yang memberikan informasi, bisa melihat apakah medianya terverifikasi di Dewan Pers.

“Media massa yang sudah terverifikasi jika mereka membuat hoaks, verifikasinya bisa di cabut. Saya harap masyarakat bisa memahami cara membedakan media massa yang benar atau bukan. Tinggal lihat saja di website Dewan Pers. Kalau di Kepri saya rasa media massa sudah bagus semua,” kata Zakmi.

Sumber : Humas PWI Tanjungpinang-Bintan
Editor : Aji Anugraha

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top