Subuh Keliling Masuk Dalam Strategi Pengamanan Pemilu 2019

Wakapolda Kepri Brigjen Pol Yan Fitri Halimansyah MH, saat membuka secara resmi Rapim Polri 2019, di Graha Lancang Kuning, Polda Kepri, Batam, 12 Februari 2019. (f-HPK)

PIJARKEPRI.COM, Batam – Kepolisian Daerah Kepulauan Riau kembali melaksanakan Rapat Pimpinan (Rapim) persiapan pengamanan Pemilihan Umum 2019 di Graha Lancang Kuning Polda Kepri, Batam, Selasa 12 Februari 2019.

Wakapolda Kepri Brigjen Pol Yan Fitri Halimansyah MH, membuka secara resmi Rapim Polri 2019 tersebut yang bertemakan “Polda Kepulauan Riau Yang Promoter Siap Mengamankan Pemilu 2019 Dan Menjaga Stabilitas Keamanan Dalam Negeri Guna Keberlangsungan Pembangunan Nasional”.

Dalam beberapa penyampaian para petinggi Polda Kepri itu, Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto menjelaskan strategi pengamanan Pemilu 2019 dengan mengedepankan upaya proaktif dan preventif dengan bentuk penanganan potensi gangguan secara dini, cipta kondisi dan Gakkum sebagai langkah terakhir.

Andap memaparkan, salah satu upaya untuk menidinginkan sistem (cooling system) pelaksanaan Pemilu 2019 melalui kegiatan subuh keliling, jumat keliling dan minggu keliling.

“Dengan menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas kepada masyarakat mencegah terjadinya aksi massa berlatar belakang isu agama, contohnya mengenai pemilihan yang rasis terhadap agama atau golongan,” paparnya.

Dalam kesempatan itu juga menyampaikan kembali arahan dari Kemendagri, Ketua Jaksa, Ketua KPU RI, dan Ketua Bawaslu RI, memaparkan jadwal tahapan Pemilu 2019 dan indeks kerawanan Pemilu 2019.

Sementara itu, Pembulatan dari Wakapolda Kepri mengarahkan agar seluruh jajaran Polda Kepri mendukung perkembangan nasional dalam rangka membangun masyarakat yang sejahtera, agar menjaga profesionalitas pelayanan kepada masyarakat.

“Jangan melakukan hal-hal yang kontra produktif. Berdayakan potensi yang ada di masyarakat dalam menciptakan Kamtibmas di masyarakat,” ungkapnya.

Rapim Polda Kepri persiapan Pemilu 2019 tersebut turut dihadiri, Irwasda Polda Kepri, PJU Polda Kepri, Ka BPKAD, Kadis Kominfo, Kepala BI dan OJK Prov. Kepri, Kabinda Kepri, Ka BNNP Kepri, Dirpam BP Batam, Wadir, Kabag, Wadansat, Danden, Kasubdit, Kasubbid, Kapolres/ta jajaran Polda Kepri, Kapolsek/ta jajaran Polresta Barelang.

Diketahui, dalam waktu dekat ini Karoops Polda Kepri Kapolres/ta segera merencanakan simulasi perhitungan suara dan menghitung waktu yang dibutuhkan dan apel konsolidasi Linmas serta simulasi pengamanan di setiap TPS.

HPK
Editor : Aji Anugraha

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top